Jumat, 29 Maret 2024

Efisiensi, 174 Pekerja PT CCI Bintan di-PHK

Berita Terkait

batampos.co.id – Sebanyak 174 pekerja tetap (permanen) di PT CCI Lobam di putus hubungan kerja (PHK), Kamis (13/7) kemarin. PHK massal itu dilakukan karena alasan efisiensi.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Promosi Daerah, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (BPMPD, PTSP dan TK) Kabupaten Bintan, Hasfarizal Handra membenarkan, pemutusan hubungan kerja terjadi di PT CCI Bintan. Penyampaian PHK, kata Hasfarizal dilakukan melalui surat ke Dinas BPMPD, PTSP, TK Bintan, Kamis (13/7) pagi.

“Alasannya efisiensi, karena produksi perusahaan menurun sehingga perlu dilakukan PHK,” jelasnya.

Hasfarizal Handra menambahkan, belum ada pertemuan pemerintah dan manajemen perusahaan. Namun, dalam waktu dekat akan dilakukan pertemuan tersebut untuk mengetahui alasan secara jelas manajemen PT CCI melakukan PHK.

Mengenai hak karyawan, Hasfarizal menjelaskan, pihak manajemen telah menyampaikan akan memberikan hak karyawan sesuai undang-undang tenaga kerja.

Sementara, Personalia PT CCI Bintan, Husnul Khotimah, Kamis (13/7) sore menyampaikan, pemutusan kerja karena perusahaan melakukan efisiensi. “Produksi menurun sehingga manajemen harus melakukan efisiensi pekerja,” katanya.

Mengenai hak pekerja, ia menyampaikan, pihaknya sudah melakukan pertemuan dengan perwakilan pekerja. Hasilnya, hak pekerja diberikan sesuai undang-undang nomor 13 tahun 2003 tentang tenaga kerja.

“Pekerja yang tersisa, saya belum menghitungnya lagi,” jawab wanita yang akrab disapa Enting.

Disinggung rencana PT CCI akan relokasi pabriknya ke Vietnam seperti diisukan PT Honeywell yang akan relokasi ke Johor, Enting membantah isu itu. “Tidak benar, kami masih di sini (Bintan),” tukasnya.

Sumber yang didapat Batam Pos, PT CCI beberapa tahun belakangan telah menyiapkan pabriknya di Vietnam. Pabrik itu mengerjakan produk-produk utama perusahaan, sedangkan produk lainnya dikerjakan di PT CCI Bintan. (cr21)

Update