Sabtu, 20 April 2024

Pasca Lebaran, Masalah Gigi Mendominasi

Berita Terkait

ilustrasi. F Cecep Mulyana/Batam Pos

batampos.co.id – Puskesmas Sei Panas mencatat Juni lalu, ada 225 warga yang mengidap masalah gigi yang didominasi oleh usia anak-anak.

Seperti yang diketahui saat lebaran, konsumsi makanan dan minuman manis menjadi kurang dikontrol.

Kabid Tata Usaha Puskesmas Sei Panas, Liza Elviani menjabarkan dominasi masalah gigi, seperti Nekrosis Pulpa memang kerap terjadi pasca lebaran. Pulpa yang merupakan bagian terdalam gigi ini mengalami reaksi inflamasi (radang).

“Mungkin banyak juga orangtua yang lupa mengontrol konsumsi makanan dan minuman manis anaknya, akibatnya harus datang ke puskesmas untuk memeriksakan kondisi giginya,” kata Liza, Kamis (13/7).

Nasofaringitis adalah penyakit terbanyak kedua yang diidap oleh 213 warga. Liza menjelaskan radang saluran pernafasan atas ini biasanya terjadi karena infeksi virus.

“Cuaca yang kadang tidak menentu dan turunnya daya tahan tubuh bisa jadi penyebab utama penyakit ini,” ujar Liza.

Penyakit terbanyak ketiga adalah Hipertensi (darah tinggi) dengan 164 warga, dilanjutkan obesitas dengan total 146 warga, demam sebanyak 131 warga dan ISPA total 125 warga.

Liza menyoroti faktor cuaca yang menyebabkan naiknya jumlah penyakit, warga diharapkan dapat mengontrol makan dan menjaga kesehatan tubuh.

“Penting sekali menerapkan pola hidup sehat dan makan teratur,” ungkapnya.

Sementara itu, kata Liza, Puskesmas Sei Panas juga tengah disibukkan dengan banyaknya warga yang mengurus rekomendasi imunisasi di tahun ajaran baru ini. “Surat rekomendasi ini diperlukan orangtua yang hendak mendaftarkan anaknya ke Sekolah Dasar (SD),” kata Liza.

Kenaikan data pengurus rekomendasi imunisasi ini mencapai 30 persen dibandingkan bulan biasa. “Mulai dari dibukanya tahun ajaran baru ini, sudah mencapai lebih dari 30 pengurus surat,” ujarnya. (cr18)

Update