500 Pengajuan e-KTP dan KK Meningkat Lagi

Seorang wanita melakukan perekaman E-KTP. Foto: istimewa

batampos.co.id – Pasca Lebaran Idul Fitri 1438 Hijriah, terjadi peningkatan pengajuan pembuatan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) dan Kartu Keluarga (KK) di Kantor Kecamatan Sekupang.

Dari data Kantor Kecamatan Sekupang memasuki minggu kedua paska lebaran terdapat sedikitnya 200 pengajuan untuk e-KTP dan 300 untuk KK.

Kepala Seksi (Kasi ) Pelayanan Kantor Kecamatan Sekupang, Ripsodianto menuturkan pemohon pengajuan e-KTP dan KK ini didominasi mereka yang merupakan pendatang baru yang masuk ke Batam.

“Rata-rata usia tamat sekolah semua,” kata dia.

Dia mengatakan meskipun belum terlalu siginifikan, pengajuan ini tetap saja mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan hari-hari sebelum lebaran.

“Biasa satu hari pengajuan mencapai 40 permohonan, sekarang menjadi 50-60 pengajuan,” kata Ripsodianto.

Dia menambahkan hingga saat ini jumlah penumpukan e-KTP mencapai 12 ribu pengajuan. Beberapa e-KTP juga telah selesai dicetak, namun banyak warga yang belum mengambil ke Kantor Kecamatan meskipun telah diinformasikan melalui pesan singkat.

Warga yang telah merekam periode bulan September dan Oktober bisa mengambil e-KTP di kantor pelayanan Kecamatan Sekupang.

“Sudah ada, tinggal ambil saja, sayang sekali kalau dianggurkan di sini,” sebutnya.

Dia menambahka hingga saat ini belum ada informasi penambahan blanko dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Batam. Sebagai pelaksana pihaknya hanya menunggu saja. “Kita serahkan kepada mereka karena yang berhubungan langsung dengan Kemendagri,” ujarnya.

Untuk pencetakan e-KTP masih dilakukan di kantor Disdukcapil, tujuannya adalah untuk percepatan pencetakan pengajuan e-KTP yang menumpuk. “Semua dipusatkan di Disduk biar semua bisa selesai dengan cepat,” kata Kepala Disdukcapil Kota Batam, Said Khaidar. (cr17)

Respon Anda?

komentar