Belasan Rumah di Jalan Teladan Terbakar

Petugas berusaha memadamkan api yang membakar belasan rumah di Jalan Teladan, Plantar Gurindam Tanjungpinang, Jumat (14/7) malam. F.Yusnadi/Batam Pos
batampos.co.id – Belasan rumah warga di Jalan Teladan, Gang Plantar Gurindam VI, RT 02, RW 10, Kelurahan Kemboja, Kecamatan Tanjungpinang Barat, dilalap jago merah, Jumat (14/7) sekitar pukul 21.00 WIB.
Informasi yang dihimpun, kebakaran Belasan rumah tersebut berawal dari terbakarnya salah satu rumah yang belum diketahui siapa pemiliknya. Sedangkan penyebab dari kebakaran tersebut belum diketahui secara pasti. Warga pun mengetahui adanya kebakaran setelah melihat api telah membesar.
Pantauan di lapangan, ratusan warga pun bahu-membahu membantu petugas untuk memadamkan api yang menghanguskan rumah di perkampungan padat penduduk itu. Ada juga warga yang berdesak-desakan hanya untuk melihat peristiwa kebakaran rumah milik warga tersebut.
Masih Pantauan di lapangan, warga sekitar juga mengeluarkan barang berharga dari rumahnya untuk menghindari amukan sijagi merah. Terlihat juga, beberapa warga menangis histeris karena rumahnya ikut menjadi korban amukan api.

Lima unit mobil pemadam kebakaran diturunkan dan silih berganti memadamkan api. Sulitnya medan dan tidak adanya hidrant di sekitar kawasan rumah plantar tersebut membuat tim pertama kebakaran sedikit kesulitan.
Ditambah, surutnya air laut pada saat kejadian hingga warga yang mempunyai mesin Robin tidak bisa berbuat banyak untuk memadamkan api.
Salah seorang warga, Anthony, mengatakan dirinya mengetahui kebakaran tersebut setelah di hubungi ketua RT setempat. Ia pun langsung berlarian untuk mendekat ke lokasi kebakaran.
“Saya lagi nonton Televisi, tiba-tiba buk RT telepon saya kasih tau ada kebakaran. Saya pun langsung berlarian mendekat ke lokasi,” ujarnya ketika ditemui di lokasi.
Ketika mendekat, sambung Anthony, dirinya melihat sudah terdapat tiga rumah warga yang dilahap api yang semakin membesar. Sementara saat itu pemadam kebakaran belum datang.
“Untuk jumlah pastinya rumah yang terbakar belum bisa diketahui. Kalau secara Kasat mata sekitar Belasan rumah,” kata Anthony.
Sementara itu, anggota DPRD Kepri,  Rudy Chua yang turun ke lokasi kejadian, juga mengaku belum mengetahui jumlah rumah penduduk yang terbakar.
“Belum bisa masuk ke dalam karena api masih besar dan petugas juga sedang berusaha memadamkan api yang membakar rumah warga itu,” ucapnya singkat.
Terpisah, salah seorang warga yang rumahnya turut terbakar, Ali, 60, mengatakan api begitu besar hingga akhirnya turut merembet ketempat tinggalnya itu dan sulit untuk di padamkan.
“Saya pun tidak begitu jelas mengetahui api berasal dari rumah yang mana satu. Kami awalnya hanya mendengar suara percikan yang mana tiba-tiba api sudah membesar dan menghancurkan beberapa rumah,” ucapnya.
Hingga berita ini dikirim, belum didapat keterangan resmi dari pihak berwajib untuk mengetahui jumlah pasti rumah yang dilalap api dan pemadaman sendiri masih berlangsung.(ias)

Respon Anda?

komentar