Jumat, 19 April 2024

Bintan Dapat 1.000 Blangko Tambahan 

Berita Terkait

batampos.co.id – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bintan, kembali mendapatkan 1.000 blangko tambahan dari pusat, untuk memenuhi kuota pencetakan e-KTP bagi masyarakat di Kabupaten Bintan.
Penambahan blangko ini dilakukan setelah sebelumnya sudah mendapatkan 4.000 blangko dalam dua tahap, yang kini seluruhnya hampir selesai dicetak.
“Menyusul pencetakan tahap pertama yang hampir selesai sebanyak 3.900 e-KTP, kini kita dapat lagi 1.000 blangko. Ini blangkonya sudah saya jemput langsung dari kantor Kemendagri di Jakarta,” ujar Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bintan, Yudha, Jumat (14/7).
Ia menjelaskan untuk e-KTP yang sudah selesai dicetak, tentunya bisa langsung diambil oleh masyarakat, namun masyarakat yang ingin mengambil diwajibkan untuk terlebih dahulu melakukan aktifasi data, dengan sidik jari. Sehingga akan mengaktifkan data-data baru yang tersimpan di dalam chip yang ada di e-KTP tersebut.
“Kami sudah sampaikan kepada masing-masing kecamatan, dan kelurahan untuk memberitahukan, agar warga yang ingin mengambil e-KTP bisa langsung melakukan aktifasi dulu datanya kembali di Kantor Camat. Tapi bisa juga dilakukan di kantor Disdukcapil,” terangnya.
Yudha menambahkan dari total 5.000 blangko, baik yang sudah selesai dicetak maupun yang masih dalam proses pencetakan, tentunya akan lebih di prioritaskan bagi masyarakat yang baru melakukan perekaman data untuk pencetakan e-KTP baru.
Sementara, untuk pergantian e-KTP yang dikarenakan rusak ataupun lainnya, diharapkan untuk bisa bersabar menunggu, hingga pembagian blangko selanjutnya.
“Kami akan prioritaskan dulu yang baru mau cetak ini. Tapi kalau yang mau ganti nanti dulu, tunggu proses pengiriman blangko selanjutnya,” imbunya. (cr20)  

Update