BP Batam Ganti Desain Out Let Waduk Tembesi

Waduk Tembesi saat diabadikan dari udara beberapa waktu lalu. ATB/Benny Andrianto

batampos.co.id – Badan Pengusahaan (BP) Batam terus menggesa penyelesaian sejumlah waduk di Batam. Salah satu contohnya adalah Waduk Tembesi. Saat ini BP Batam tengah mengganti desain out let-nya untuk menghindari kerusakan tubuh waduk.

“Desain out let yang ada sekarang bahayakan bendungan. Sekarang ganti desain, supaya out let tidak sejajar lagi dengan tubuh bendungan, tapi mengarah ke laut,” ujar Deputi IV BP Batam, Robert Purba Sianipar, Kamis (13/7).

Sedangkan untuk air di dalam waduk akan memasuki tahap proses pembilasan.”Air di Waduk Tembesi masih ada yang terperangkap air laut, makanya harus dibilas atau flushing,” ungkapnya.

Desain outlet baru kata Robert akan selesai pada kuartal pertama 2018.

“Baru setelah itu kita bilas pada pertengahan tahunnya. Kita akan turunkan elevasi dari 7,5 meter menjadi 3,5 meter. Nantinya akan ada dua kali pembilasan,” paparnya.

Setelah pembilasan sebanyak dua kali, maka air payau akan menjadi air tawar.

“Waduk Tembesi dipersiapkan menjadi sumber air baku penduduk Batam nanti. Kemampuannya sendiri dapat mengalirkan air sebanyak 600 liter per detik,” ungkapnya.

Sedangkan untuk Waduk Monggak, airnya sudah tawar. Saat ini BP Batam sedang bersiap melakukan proses tender untuk membangun instalasi pengolahan airnya.

“Dengan begitu, warga Batam siap manfaatkan airnya karena akan masuk jaringan utama distribusi air di Batam. Waduk ini bisa mengalirkan air sebanyak 232 liter perdetik,” pungkasnya.(leo)

Respon Anda?

komentar