Dirazia, Pekerja Lobam Ngumpet

Polisi memeriksa dokumen kendaraan seusai razia di Simpang Teluk Sasah, Kecamatan Seri Kuala Lobam, Kamis (14/7). F.Slamet/Batam Pos.

batampos.co.id – Ratusan pekerja di Kawasan Industri Bintan (KIB) Lobam ngumpet saat sadar polisi menggelar razia di simpang Pos I Lobam, Desa Teluk Sasah, Kecamatan Seri Kuala Lobam Kamis (14/7) sekitar pukul 16.00. Pekerja bersembunyi di semak-semak di Jalan BCI Lobam bahkan ada yang putar arah ke kawasan.

Pantauan di lapangan, sore itu, ratusan pekerja di dua perusahaan di Lobam yakni PT Pertama Precesion Bintan dan PT CCI baru keluar dari lingkungan perusahaan. Rata-rata mereka sudah tancap gas keluar dari kawasan Lobam.

Namun saat sadar polisi sedang menggelar razia di depan Pos I Lobam, beberapa pekerja putar balik dan masuk ke kawasan. Informasi razia tersebar cepat. Pekerja yang lainnya langsung ngumpet di semak-semak, dan beberapa lainnya menghentikan sepeda motornya di pinggir jalan.

“Tak lengkap suratnya bang, tak punya SIM,” ujar seorang pekerja kepada Batam Pos.
Pekerja lainnya, Fani mengatakan, belum berani keluar dari kawasan. Karena, polisi sudah masuk ke dalam kawasan untuk memeriksa surat-surat kendaraan. “Tadi tunggu di pinggir jalan. Setelah tahu polisi masuk ke kawasan, kami bubar dan bersembunyi di pujasera,” katanya.

Kasat Lantas Polres Bintan AKP Anjar Yagota kepada Batam Pos mengatakan, anggotanya tidak mengejar pengendara yang bersembunyi di dalam kawasan. “Tak dikejar, anggota masuk ke dalam nakut-nakutin aja biar mereka bubar. Mereka tunggu (selesai razia). Jadi, kita tunggu-tungguanlah sampai jam 6 sore juga,” katanya.

Menurutnya, kesadaran pengendara dalam berlalu lintas masih rendah. Sore saja sebanyak 83 orang pengendara yang terjaring razia. 35 pengendara langsung ditilang, sedangkan 45 orang lainnya ditegur.

“Ditilang karena mereka tidak punya SIM dan STNK. Kalau pelanggaran ringan, sebatas ditegur,” katanya. Ke depan, ia akan melakukan sosialiasi akan pentingnya kesadaran berlalu lintas, salah satunya melengkapi surat surat kendaraan dan alat keselamatan. (cr21)

Respon Anda?

komentar