Indofood Ironman 70.3 Bintan Bakal Serap Rp 10 M

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara, Kemenpar, I Gde Pitana dan GGM PT BRC, Abdul Wahab serta panitia penyelenggara Indofood Ironman 70.3 Bintan menggelar konfrensi pers dengan awak media nasional di Cafe Crumble Crew, Jalan Tulodong Bawah, Nomor 1 A, Kawasan SCBD, Jakarta, kemarin. F.Harry/Batam Pos.

batampos.co.id – Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara, Kementerian Pariwisata (Kemenpar), I Gde Pitana mengatakan Indofood Ironman 70.3 Bintan akan digelar kembali tahun ini di Kabupaten Bintan. Event olahraga bertaraf dunia itu akan dihelat dari 18-20 Agustus mendatang di Area Lagoi Bay, Kawasan Pariwisata Lagoi.

“Event ini bakal menyerap keuntungan ekonomi di Bintan sebesar Rp 10-11 miliar. Besaran perputaran uang itu selama dihelatnya event tersebut. Yaitu hanya tiga hari,” ujar I Gde Pitana ketika diwawancarai di Jakarta, kemarin.

Indofood Ironman 70.3 Bintan ini, kata Pitana merupakan satu-satunya event olahraga yang ada di Indonesia. 82 persen yang meramaikan event tersebut berasal dari atlet, keluarga atlet dan sponsor dari mancanegara. Sedangkan 18 persennya lagi berasal dari wisatawan nusantara.

Dengan ramainya wisatwan mancanegara bertandang ke Bintan, lanjut Pitana perputaran uang akan lebih meningkat. Sebab para atlet, keluarga atlet dan seponsornya bakal menginap dan berbelanja di Bintan.

“Saat ini sudah 1.200 atlet yang daftar. Target kami bisa mencapai 1.400 atlet. Bayangkan jika keluarga dan seponsornya dibawa. Bisa mencapai 4200-6000 orang disana,” bebernya.

Group General Manager (GGM) PT Bintan Resort Cakrawala (BRC), Abdul Wahab ajang ini tidak hanya sekedar debut olahraga saja melainkan juga disediakan berbagai fasilitas hiburan dan wahana permainan. Jadi peserta yang membawa keluarga tidak kawatir sebab anak-anaknya bisa bermain sepuasnya selama berlaga.

“Banyak fasilitas yang kami sediakan untuk peserta Indofood Ironman 70.3 Bintan ini. Mulai dari lokasi hiburan, wahana permainan dan pusat perbelanjaan,” katanya.

Tidak menutup kemungkinan, kata Wahab event ini mampu menyumbang keuntungan bagi Bintan sebesar Rp 10 miliar. Sebab kesemua atlet, keluarga atlet dan seponsornya akan menginap disana selama tiga hari.

Untuk menginap, lanjut Wahab PT BRC telah menyediakan 2.000 lebih kamar. Maksimal satu kamar akan diisi 3-4 orang sehingga 6.000 orang dapat tertampung disana. Kemudian juga ada tempat jajanan kuliner mulai dari menu internasional sampai tradisional.

“Jadi selama menginap tiga hari mereka pasti makan dan minum serta berbelanja disana. Dengan begitu perputaran uang akan meningkat 10 kali lipat dari hari biasanya,” jelasnya.

Lagoi Bay, sambung Wahab memiliki segala fasilitas yang dibutuhkan wisatawan. Diantaranya Warung Yeah, Warung Makan Padang Lamak Basamo, Warung Cek Bakar dan banyak lagi. Selanjutnya untuk berbelanja mereka bisa memperolehnya di Plaza Lagoi Bay. Disana dijual berbagai barang, pakain, aksesoris sampai kerajinan tangan khas Bintan.

“Dengan semua fasilitas itulah event ini digelar di Lagoi Bay. Karena semua yang dibutuhkan wisatawan akan terpenuhi,” ungkapnya. (ary)

Respon Anda?

komentar