Jemaah Tertua Usia 76 Tahun dari Bintan Timur

batampos.co.id – Sebanyak 69 orang jemaah calon haji (JCH) asal Bintan akan
berangkat ke Mekah, 31 Juli nanti. Sementara itu, Bupati Bintan Apri Sujadi yang masuk dalam daftar rombongan JCH menunda keberangkatan karena
alasan kesehatan.

“Insya Allah Pak Bupati (berangkat) tahun depan,” kata Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bintan Erizal Abdullah kepada Batam Pos, kemarin.

Erizal memastikan segala persiapan sudah dilakukan, mulai bimbingan, manasik, pemeriksaan kesehatan hingga pengurusan visa keberangkatan. Untuk manasik, ia menyebutkan, sudah dilakukan 10 kali manasik. Pihak kecamatan sudah melaksanakan manasik sebanyak 8 kali, kementerian di kabupaten sebanyak 2 kali dan akan ditambah manasik yang diadakan Pemkab Bintan sebanyak 2 kali.

“Tanggal 27 dan 28 Juli nanti, pelaksanaan manasik yang diadakan Pemkab Bintan,” sebutnya. Ia juga menyampaikan, kesehatan seluruh JCH asal Bintan sudah diperiksa. “Insya Allah semua sehat dan berangkat semua,” harapnya.

Pelepasan JCH asal Bintan akan diadakan di dua tempat yakni di Pelabuhan Kijang dan Pelabuhan Bulang Linggi Tanjunguban. “Tanggal 30 jemaah calon haji sudah masuk ke asrama haji di Batam untuk bergabung dengan kloter 1. Keberangkatan kloter 1, langsung penerbangan ke Arab Saudi┬ásubuh 31 Juli,” bebernya.

Kepada jemaah calon haji, Erizal berpesan agar selalu menjaga kesehatan selama berada di Tanah Suci. Karena, suhu di sana bisa berkisar di atas 40 derajat celcius. Karena itu jemaah calon haji sebaiknya banyak minum air putih.

“Ikuti saja arahan ketua keloter supaya tidak terpisah-pisah,” katanya.
Ia juga mengimbau jemaah calon haji sebaiknya tidak membawa barang lebih dari 32 kilo. Selain itu, tidak membawa barang yang bisa menghasilkan bau menyengat seperti durian. “Jangan juga membawa benda tajam seperti pisau,” pesannya.

Sementara itu Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Kabupaten Bintan, Ulil Amri mengatakan, seharusnya jemaah calon haji termuda yang berangkat bernama Apri Sujadi (39) dan Deby Maryanti (38). Jemaah calon haji tertua bernama Rahmin (70) asal Mantang dan Ramsiah (76) asal Bintan Timur. Tahun ini, ia menyebutkan, jemaah calon haji asal Bintan Timur sebanyak 32 orang, disusul Bintan Utara sebanyak 17 orang. Tambelan, Gunung Kijang, Toapaya dan Seri Kuala Lobam masing-masing 4 orang jemaah calon haji. Dari Matang 3 orang, Bintan Pesisir 2 dan seorang jemaah calon haji asal Teluk Sebong. (cr21)

Respon Anda?

komentar