Sabtu, 20 April 2024

Optimistis Kepri Punya Wagub Tahun Ini

Berita Terkait

batampos.co.id – Penantian masyarakat Kepulauan Riau memiliki seorang wakil gubernur akan terjawab tahun ini. Anggota Panitia Khusus (Pansus) Pemilihan Wakil Gubernur DPRD Kepri, Hotman Hutapea optimistis sebelum tahun ini berakhir sudah akan putus satu nama yang akan mendampingi Gubernur Nurdin menuntaskan masa kerjanya hingga 2021 mendatang.
“Tanggal 26 Juli besok sudah diagendakan paripurna pengesahan tata tertib,” kata Hotman, kemarin.
Politisi dari Partai Demokrat ini menjelaskan, pengesahan tata-tertib (tatib) akan dilakukan melalui sidang paripurna, lalu menyusul agenda selanjutnya pembentukan panitia pemilihan. Kerja terakhir itu, dipastikan Hotman, tidak berlangsung lama. “Panlih itu sebentar saja,” tegasnya.
Pada kesempatan ini pula Hotman ingin menegaskan bahwasanya tidak ada kendala dalam kerja pemilihan wagub ini. Bahkan termasuk sampai keharusan Kementerian Dalam Negeri menunjuk seorang yang akan mengisi jabatan wakil gubernur.
“Tidak ada undang-undangnya untuk itu, sekarang tahapnnya sudah di DPRD,” ujarnya.
Memang benar bahwasanya ketika sampai 18 bulan kerja Pansus tidak menghasilkan jawaban, maka Kemendagri bakal menunjuk orang dari pusat untuk mengisi jabatan wagub. Namun, Hotman memastikan hal itu tidak akan sampai terjadi. Kata dia, tenggat yang dipunya pansus masih cukup lama dan dipastikan kerja ini bakal selesai sebelum tenggat itu habis.
“Jeda waktu kita saat ini kan masih lama. Kan lebih kurang baru setahun,” ujarnya.
Sementara itu, Gubernur Nurdin masih irit bicara perihal pemilihan wakilnya. Kata dia, yang berhak menjawab pertanyaan tersebut adalah DPRD Kepri. “Jangan itu mulu ditanya. Nanti orang lain bosan baca beritanya,” ujarnya singkat. (aya)

Update