Tim kajian kelayakan karantina dari UGM mengunjungi Pulau Bakung dan mengambil sejumlah sampel, Kamis (137) F. Wijaya Satria/Batam Pos

batampos.co.id – Setelah melakukan study kajian kelayakan lokasi karantina sapi di Pulau Bakung, Tim Kajian dari Universitas Gajah Mada menyatakan pulau di wilayah Kecamatan Senayang tersebut layak dijadikan lokasi karantina sapi. Lokasi tersebut tepatnya di Pulau Bakung, Desa Pasir Panjang, Kecamatan Senayang.

Menurut ketua tim kajian dari UGM yang turun ke lokasi, Prof. I Gede Suparta Budisatria mengatakan, Pulau Bakung tersebut cocok dikarenakan letak topografi pulau tersebut yang landai, tidak terjal. Hal ini tentunya akan mempermudah hewan ternak seperti sapi untuk mencari makan.

“Terlebih Pulau Bakung ini memiliki tanaman lokal yang dapat menjadi konsumsi hewan. Rumput juga banyak,” ujar Prof. I Gede Suparta Budisatria di lokasi, Kamis (13/7) pagi.

Walau demikian, kondisi ini masih perlu analisis lebih lanjut seperti air dan tumbuhan yang ada apakah layak untuk dikonsumsi hewan ternak. Pasalnya, Kementerian Pertanian lebih ketat memberikan predikat layak bagi suatu daerah untuk dijadikan karantina hewan dan mesti memiliki kajian analisis lebih lanjut.

Prof. I Gede Suparta Budisatria membawa sejumlah sampel, pakan lokal ternak, air dan kontur tanah dari Pulau Bakung untuk dianalisis lebih lanjut agar mendapatkan kepastian tingkat keamanan serta kebaikan bagi pakan ternak.

“Untuk ternak, yang perlu diperhatikan itu adalah pakannya. Makanya kami membawa sampel makanan lokal mengecek kadar nutrea dan memastikan beracun apa tidak,” ujar Suparta.

Selain membawa sejumlah sampel untuk dianalisa, Suparta juga akan menghitung jumlah produksi tanaman dan sumber air lokal tersebut dalam jangka waktu satu tahun ini. Apakah bisa menampung ternak dengan jumlah yang banyak atau tidak.

Suparta juga berharap nantinya hasil analisis tersebut dapat menampung hewan ternak yang banyak serta. Terlebih hasil kajian tersebut nantinya dikombinasi dengan hasil-hasil lainnya dan mendapatkan hasil yang menguatkan untuk dasar usulan menjadikan Pulau Bakung menjadi kawasan karantina hewan di lingkungan Pemkab Lingga. (wsa)

Respon Anda?

komentar