ilustrasi

batampos.co.id – Kecamatan Nongsa mencatat dari Januari hingga Mei 2017 sebanyak 779 orang mengurus surat AK 1 (kartu pencari kerja). Dan dari beberapa kelurahan yang ada, tercatat permohonan paling tinggi dari Kelurahan Batubesar dan Kabil.

“Paling banyak itu lulusan SMA di daerah kami ini,” kata Sekcam Nongsa, Amuri, Jumat (14/7).

Sedangkan dengan latar belakang pendidikan diploma atau sarjana, kata Amuri ada beberapa. “Tapi itu tak banyak,” ucapnya.

Dari pantauannya permohonan paling tinggi itu, saat setelah anak-anak SMA selesai ujian nasional. Tiap harinya pihak kecamatan selalu melayani permintaan penerbitan surat AK 1.

“Dalam sehari itu banyak sekali,” ucapnya.

Namun hal ini hanya berlangsung beberapa minggu. Setelah pengajuan AK 1 l, kembali normal seperti sedia kala. Tapi ia mengatakan sehabis lebaran ini, terlihat kembali ada lonjakan permintaan surat pencari kerja ini.

“Saya kurang tahu juga kenapa,” ucapnya.

Mengenai angka-angka permohonan AK 1 Perbulannya, Amuri mengatakan tidak memiliki datanya. “Saya tak pegang. Tapi saat selesai UN dan Lebaran ini ada kenaikan permintaan,” ujarnya.

Walau ada perlambatan ekonomi yang terjadi, ia mengatakan masih tetap ramai masyarakat yang mengajukan AK 1 tersebut. “Selalu ada yang mengajukan,” tuturnya singkat. (ska)

Respon Anda?

komentar