Sejumlah kendaraan parkir di Pelabuhan Punggur, Senin (8/5). Bangunan Pelabuhan Punggur terlihat sudah selasai namun belum dioprasikan. F Cecep Mulyana/Batam Pos

batampos.co.id – Pelabuhan Telaga Punggur hingga kini tidak juga kunjung dioperasikan. Sekilas bangunan pelabuhan ini telah rampung dikerjakan. Namun ternyata masih ada beberapa kekurangan, sehingga pelabuhan ini urung dioperasikan.

“Operasional belum bisa, karena ada beberapa kekurangan. Hal itu berdasarkan dari peninjauan pihak BP Batam sendiri dan BPKP,” kata Direktur Humas BP Batam, Andi Antono, Sabtu (15/7).

Ia menjabarkan hal-hal yang perlu diselesaikan yakni tempat parkir yang masih belum ada, pagar pembatas, lalu di bagian dalam perlu ada penambahan.

“Kami juga masih mengecek apa saja kekurangan lainnya,” ucapnya.

Pelabuhan ini bisa saja digunakan saat ini. Namun bila beberapa penambahan ini dilaksanakan saat penumpang hilir mudik, maka akan menganggu kenyamanan masyarakat. Makanya pihak BP Batam tak ingin mengoperasikan pelabuhan itu saat ini.

“Repotkan, ada penumpang. Lalu pengerjaan dilakukan juga,” tuturnya.

Selain itu, alasan lainnya belum dioperasikan pelabuhan, karena ada prosedur yang harus dilalui BP Batam. “Kalau kami langsung operasikan juga, bisa-bisa kami diperiksa pihak berwenang,” ujarnya.

Untuk penyelesaian pelabuhan ini, kata Andi pihaknya akan melakukan lelang dalam waktu dekat. Pihak yang menang lelang, akan ditunjuk untuk menyelesaikan pembangunan pelabuhan tersebut.

“Kemungkinan tahun ini selesai, dan tahun depan dioperasikan,” ucapnya.

Ia menjelaskan bahwa bagian parkir pelabuhan tersebut, pihaknya haruslah merubuhkan bangunan terminal lama. Dan untuk merubuhkan itu, kata Andi pihaknya haruslah melakukan inventarisir terlebih dahulu.

“Kami gak mungkin merubuhkan begitu saja. Harus kami hitung dulu dan laporkan,” tuturnya. (ska)

Respon Anda?

komentar