Inge Parasetyo. Foto: Harry/batam Pos.

batampos.co.id – Ironman 70.3 Bintan akan dihelat dari 18-20 Agustus mendatang di Area Lagoi Bay, Kawasan Pariwisata Lagoi, Kabupaten Bintan. Ajang olahraga internasional yang digelar PT Bintan Resort Cakrawala (BRC) dan disponsori PT Indofood ini menawarkan hadiah uang tunai sebesar 15 ribu dolar Amerika kepada atlet profesional yang berhasil finish pertama di laga triathlon tersebut.

“Tahun ini merupakan yang kedua kalinya Indofood menjadi sponsor utama event Ironman 70.3 Bintan. Tak tanggung-tanggung hadiah yang ditawarkan sponsor sebesar 15 ribu dolar US bagi pemenang dalam laga ini,” ujar Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Bintan, Luki Zaiman Prawira, kemarin.

Event ini, kata Luki akan dimulai pada pagi hari. Tahap pertama laga Triathlon ini dibuka dengan berenang sejauh 1,9 kilometer yang mengambil posisi start di Pantai Plaza Lagoi Bay. Kemudian para atlet akan bersepeda sejauh 90 kilometer (satu putaran) di jalanan yang mulus dan lebar.

Selanjutnya, masih Luki partisipan akan mengakhiri lomba ini dengan berlari sejauh 21 kilometer. Jarak dalam lomba lari itu akan ditempuh dalam dua putaran. Dengan lintasannya cukup memudahkan triathlete serta memiliki pemandangan lebih menarik ketimbang penyelenggaraan tahun sebelumnya.

“Ironman 70.3 Bintan adalah kombinasi kekuatan, kemauan, ketahanan dan determinasi. Jadi peserta akan kualahan sekaligus menyenangkan. Karena lintasan yang dilalui menyediakan berbagai rintangan dan pemandangan,” bebernya.

Sementara itu, Group General Manager (GGM) PT BRC, Abdul Wahab mengatakan event ini tak hanya sekedar menawarkan uang tunai yang fantastis kepada peserta. Tetapi juga menyediakan satu tiket emas diantara 30 slot untuk mengikuti Ironman 70.3 World Championships di Afrika Selatan pada 2018 mendatang.

“Fredrik Croneborg dan Kate Bevilaqua (atlet profesional dunia) akan kembali kesini untuk mempertahankan titel juara mereka. Tapi Inge Prasetyo (atlet Indonesia) juga tak akan mau kalah dari atlet lainnya,” katanya.

Kata Wahab, Inge Prasetyo yang dikenal sebagai atlet amatir Indonesia pertama yang lolos kualifikasi Ironman World Championship 2017 di Hawaii, akan memanfaatkan perlombaaan bergengsi di Bintan. Bahkan Inge telah mengasah kembali strateginya dalam bertanding dan akan menerapkan jurus ampuhnya seperti di Hawaii.

Meski bukan seorang atlet professional, lanjut Wahab Inge akan bertanding secara sengit untuk meraih kemenangan diajang ini. Ambasador Ironman 70.3 Bintan ini akan mengharumkan nama Indonesia dalam laga dunia tersebut.

“Selain Inge, ada 200 atlet Indonesia lainnya akan berlomba di ajang ini. Pastinya event tahun ini lebih semarak ketimbang tahun sebelumnya,” ungkapnya. (ary)

Respon Anda?

komentar