Sisa kebakaran puluhan rumah di Jalan Teladan, Pelantar Gurindam Tanjungpinang, Sabtu (15/7). F. Yusnadi/Batam Pos

batampos.co.id – Musibah kebakaran yang menghanguskan 23 rumah di Jalan Teladan, Gang Plantar Gurindam VI, Kelurahan Kemboja, Kecamatan Tanjungpinang Barat, disebabkan korsleting arus listrik disalah satu rumah.

Hal tersebut dikatakan Kapolres Tanjungpinang AKBP Ardiyanto Tedjo Baskoro, melalui Kapolsek Tanjungpinang Barat, AKP Yuhendri Yanuar, setelah pihaknya memintai keterangan sejumlah saksi.

“Sejumlah saksi yang kami minta keterangan menyebutkan bahwa mereka melihat api dari rumah milik Johan yang saat itu kosong. Penyebabnya karena arus pendek listrik,” ujar Yuhendri, Minggu (16/7).

Dikatakan Yuhendri, dalam peristiwa kebakaran tersebut. Terdapat 23 rumah yang terbakar dengan rincian 18 rumah ludes terbakar, sedangkan lima rumah mengalami kerusakan ringan.

“Terdapat juga lima unit sepeda motor yang ludes dilalap api. Para korban juga tidak bisa menyelamatkan barang berharga,” kata Yuhendri.

Sementara itu, Lurah Kemboja, Raja Mukmin, mengatakan untuk korban kebakaran saat ini berada di posko yang dibangun tak jauh dari lokasi kejadian.

“Untuk sementara mereka di tempatkan disana (posko). Tapi ada juga yang mengungsi dirumah keluarganya,” kata Mukmin.

Dikatakan Mukmin, rumah warga yang dilahap api tersebut terdiri dari dua Rukun Tetangga (RT) yakni RT 02 dan RT 04, RW 10. Yang mana kebanyakan rumah terdiri dari kayu.

“Untuk itu dalam waktu sekejap semuanya habis terbakar,” ucapnya.

Pantauan di lapangan, sejumlah warga korban kebakaran Mencoba mencari benda berharga miliknya di puing bangunan yang sudah rata dengan tanah tersebut.

Selain itu disana, terlihat juga berdiri beberapa posko. Diantaranya posko Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tanjungpinang dan juga Posko Ikatan Tionghua Muda (ITM) Kota Tanjungpinang. Mereka mendata sejumlah keluhan masyarakat.

Bahkan di posko tersebut, para sukarelawan juga menerima bantuan dari sejumlah warga yang terketuk hatinya untuk menyumbang atau pun memberi bantuan.

Sebelumnya diberitakan, belasan rumah warga di Jalan Teladan, Gang Plantar Gurindam VI, RT 02 dan 04, RW 10, Kelurahan Kemboja, Kecamatan Tanjungpinang Barat, dilalap jago merah, Jumat (14/7) sekitar pukul 21.00 WIB.

Pantauan di lapangan, ratusan warga pun bahu-membahu membantu petugas untuk memadamkan api yang menghanguskan rumah di perkampungan padat penduduk itu. Ada juga warga yang berdesak-desakan hanya untuk melihat peristiwa kebakaran rumah milik warga tersebut.

Lima unit mobil pemadam kebakaran diturunkan dan silih berganti memadamkan api. Sulitnya medan dan tidak adanya hidrant di sekitar kawasan rumah plantar tersebut membuat tim pertama kebakaran sedikit kesulitan.

Ditambah, surutnya air laut pada saat kejadian hingga warga yang mempunyai mesin Robin tidak bisa berbuat banyak untuk memadamkan api.(ias)

Respon Anda?

komentar