Selasa, 19 Maret 2024

Tumbuhkan Etos Kerja yang Baik

Berita Terkait

Gubernur Kepri Nurdin Basirun saat menghadiri pembukaan seleksi Tilawatil Quran (STQ) XXIV di Kota Tarakan, Provinsi Kalimantan Utara, Sabtu (15/7) malam. F. Humas Pemprov Kepri untuk Batam Pos.

batampos.co.id – Gubernur Nurdin Basirun mengajak masyarakat, khususnya pegawai di lingkungan Pemprov Kepri untuk terus menumbuhkan etos kerja yang baik. Etos kerja yang baik akan mendorong pegawai untuk memberi yang terbaik buat negeri ini.

“Etos kerja yang baik dibutuhkan untuk mengantar daerah kita pada kemajuan,” kata Nurdin usai menghadiri peresmian Akademi Bela Negara (ABN) oleh Presiden Joko Widodo, di Jakarta, Ahad (16/7) pagi.

Nurdin menegaskan, dengan etos kerja yang baik, upaya-upaya membangun Kepri sesuai visi misi akan semakin mudah. Termasuk semangat kebersamaan untuk mewujudkan Kepri sebagai Bunda Tanah Melayu yang sejahtera, berakhlak mulia, sejahtera dan unggul di bidang maritim.

Selain etos kerja yang baik, disiplin yang tinggi juga diperlukan untuk mewujudkan itu. Nurdin sendiri menerapkan disiplin tinggi di lingkungan kerjanya. Kehadiran dengan absensi finger print, misalnya saat ini semakin baik.

“Disiplin yang baik akan memudahkan kerja dan membant masyarakat dengan memberi pelayanan yang prima,” kata Gubernur Nurdin.

Soal ABN, Nurdin menyebutkan pesan Presiden Jokowi bahwa semakin penting untuk menumbuhkan semangat nasionalisme, patriotisme dan membangun soliditas sesama anak bangsa dalam merawat gotong royong. Hal-hal seperti itu, kata Nurdin juga harus semakin tumbuh di Kepulauan Riau yang sangat bhineka ini.

Jokowi juga berharap agar ABN Partai Nasdem bisa melahirkan kader bangsa yang mempunyai etos kerja yang baik. Kemudian disiplin nasional yang baik serta moralitas baik.

“Saya harap lahir kader-kader bangsa yang bisa merawat demokrasi. Marilah kita terus gelorakan kesadaran kebangsaan kita. Kita jaga UUD 1945, kita jaga kebhinekkaan kita, NKRI. Kita harus isi ulang, kita harus isi kader-kader bangsa dengan jiwa-jiwa mulia,” kata Jokowi.

Nurdin menghadiri peresmian ABN setelah malam harinya mengikuti pembukaan
Seleksi Tilawatil Quran Nasional (MTQN) XXIV tahun 2017 di Kota Tarakan, Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) oleh Menteri Agama RI Luqman Hakim, Sabtu (15/7) malam di Islamic Centre Tarakan.

Menurut Nurdin Basirun kehadirannya di Tarakan adalah untuk memberi motivasi para peserta STQN dari Kepri.

“Bagi saya, kehadiran saya ini penting guna memberi motivasi kafilah kami. Kita ingin para peserta kamu tampil prima dan pulang dengan hasil yang tidak mengecewakan tentunya. Sama dengan yang diinginkan oleh Provinsi lainnya,” kata Nurdin.

Dalam pada itu, Menteri Luqman Hakim menyebutkan, ajang STQ adalah sarana untuk meningkatkan kemampuan seni baca dan menghafal alquran. Adapun STQ sudah dilakukan sejak lama dan akan tetap terus dilaksanakan oleh Pemerintah.

Disamping itu, STQ menurut Luqman adalah salah satu syiar Islam dan untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa. Serta menjadi daya rekat antar umat beragama.

“Indoneaia adalah negara muslim di dunia yang paling sering menyelenggarakn kegiatan STQ dan MTQ, serta kegiatan keagamaa. Lainnya. Dimulai dari tingkat Desa dan seterusnya. Oleh sebab itu alquran harus menjadi penuntun umat dalam kehidupan pribadi, keluarga, masyarakat dan bernegara,” katanya. (bni)

Update