Kamis, 25 April 2024

Jumlah Siswa dengan Kelas Tak Seimbang, Sekolah dalam 3 Sesi

Berita Terkait

Ilustrasi  F Cecep Mulyana/Batam Pos

batampos.co.id – Sekolah Dasar Negeri (SDN) 006 Batamkota akan membagi jadwal pembelajaran dengan tiga sesi, yakni pagi, siang dan sore. Hal ini akibat membeludaknya jumlah murid yang diterima di sekolah tersebut. Untuk murid kelas 1 yang diterima melebihi Standar Pelayanan Minimal (SPM) yakni 46 hingga 48 siswa per kelas.

“Harusnya boleh itu 40, tapi untuk mengakomodir jumlah siswa yang masuk begitu banyak. Kami harus terima melebihi SPM,” kata Kepala Sekolah SDN 006, Dahlius, Senin (17/7).

Ia mengatakan jumlah siswa yang diterimanya saat ini ada 4 rombel siswa. Dan siswa yang diterima keseluruhannya sebanyak 190 orang. “Pagi itu mulai pukul 07. 30 – 09. 30, dilanjutkan siang pukul 10.00 – 11. 30 dan sore pukul 01.30 hingga pukul 13.30,” ujarnya.

Dari pantauan Batam Pos terlihat anak-anak baru tersebut ditemani oleh orangtuanya. Sementara itu di ruang guru, terlihat masih ada beberapa orangtua murid yang mencoba meminta anaknya untuk masuk sekolah. Lalu ada juga orangtua yang mengurus kepindahan anaknya.

Sementara itu hari pertama di SMAN 3 Batamkota terlihat lancar. Anak-anak yang baru masuk itu, harus menjalani masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) selama 3 hari. “Materinya mengajarkan anak-anak tata tertib sekolah, fasilitas, guru-guru yang ada,” tutur Wakil Kepala Sekolah SMAN 3, Midianto.
Pada masa MPLS ini, kata Midi siswa tersebut akan dibagi dalam 10 gugus sesuai dengan nama-nama kerajaan yang ada di sejarah Indonesia. (ska)

Update