Jumat, 29 Maret 2024

Pelajar Dilarang Kemudikan Motor Sendiri

Berita Terkait

Seorang Polwan dari Satlantas Polres Karimun sedang memberikan himbauan kepada pelajar SMA untuk selalu tertib ketika di jalan raya, khususnya disarankan tidak membawa sepeda motor sendiri, karena tidak memiliki SIM. Foto: Sandi/batam Pos.

 

batampos.co.id – Tahun ajaran baru 2017/2018 kemarin (17/7) resmi dimulai. Dalam kesempatan tersebut, Satlantas Polres Karimun mendatangi sekolah-sekolah untuk memberikan himbauan. Salah satunya, agar pelajar yang belum berusia 17 tahun dan tidak memiliki SIM agar tidak membawa sendiri sepeda motor ketika pergi ke sekolah.

”Kalau belum usia 17 tahun, sudah tentu tidak bisa memiliki SIM. Untuk itu, kita menyarankan kepada orang tua siswa agar tidak membiarkan anaknya membawa sepeda motror sendiri untuk pergi ke sekolah. Tujuannya tidak lain untuk menjaga keselamatan si anak dan juga orang lain yang menggunakan jalan umum,” ujar Kasat Lantas Polres Karimun, AKP Teuku F Kenedy kepada Batam Pos.

Selain saran dan himbauan tentang anak di bawah usia 17 tahun tidak mengemudikan motor sendiri ketika pergi ke sekolah, anggota yang turun ke sekolah-sekolah juga mengingatkan para siswa, baik siswa SD, SMP dan SMA untuk selalu tertib ketika berada di jalan raya. Seperti apa tertib yang dimaksudkan ini. Yakni, ketika siswa diantar oleh orang tua atau keluarganya ke sekolah menggunakan sepeda motor, maka selalu menggunakan helm.

”Ketika ada yang dibonceng, maka yang membawa sepeda motor dan yang dibonceng wajib menggunakan helm. Tapi, tidak hanya asal menggunakan saja. Melainkan, pakai dengan benar dengan memasang pengait yang ada di helm. Sehingga, dapat terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan ketika terjadi Lakalantas,” paparnya.

Tentunya, lanjut Kenedy, siapa pun orangnya tidak menginginkan mengalami Lakalantas. Untuk itu, salah satunya selaklu tertib dalam mengemudi atau berlalu lintas. Selain itu, patuhi rambu-rambu lalu lintas. Misalnya, jika melihat lampu pengatur lalu lintas dalam keadaan merah, maka harus berhenti. (san)

Update