Jumat, 19 April 2024

Siswa Baru di SD Menangis hingga Minta Dipangku Orangtua

Berita Terkait

Guru dan orangtua menenangkan anaknya yang menangis di hari pertama masuk sekolah di SD 002 Bintan Utara Tanjunguban, Senin (17/7). F.Slamet/Batam Pos.

batampos.co.id – Tingkah pola lucu siswa baru mewarnai hari pertama masuk sekolah dasar. Di SD Negeri 1 dan 2 Bintan Utara di Tanjunguban beberapa siswa baru ada yang menangis, mondar mandir keluar kelas hingga ada yang minta ditemani orangtuanya di kelas.

Pagi sekali, para orangtua yang membonceng anaknya berseragam merah putih dengan tas di punggung berpacu ke sekolah. Sebagian orangtua mengantarkan anaknya sebatas di depan gerbang sekali, sebagian lainnya mengantarnya sampai ke dalam kelas.

Rata-rata orangtua yang mengantar anaknya sampai ke dalam kelas, karena anaknya baru pertama masuk sekolah. Seorang wanita bertubuh tambul dengan kulit putih terburu-buru mengantarkan anaknya masuk ke dalam kelas. Kevin nama anaknya sudah menggenakan seragam rapi merah putih.

Anak laki-laki berpipi bulat itu duduk di kursi kedua dari belakang. Belum ada teman baru yang menemaninya. Ia awalnya duduk sendiri. Tak lama, orangtuanya meninggalkannya dari ruangan. Raut wajahnya Kevin memerah. Tangan kanannya mulai mengusap air mata yang tiba-tiba menetas di pipinya. “Belum terbiasa,” kata ibunya berlalu pergi.

Bukan hanya Kevin di ruangan kelas lainnya, Feri siswa baru juga menangis. Guru yang menyampaikan materi pengenalan, langsung mendekati siswa tersebut. Sang guru berusaha menenangkan siswa barunya. Orangtuanya pun masuk ke dalam untuk ikut menenangkan anaknya.

“Jangan menangis, harus semangat kan hari pertama sekolah,” kata gurunya.
Banyak sekali pola anak-anak di hari pertama sekolah. Bahkan ada seorang siswa laki-laki mondar mandir keluar kelas mencari ibunya. Ia baru duduk tenang setelah ibunya berdiri di dalam kelas.

Bahkan ada siswa yang terlihat baru mau masuk kelas, setelah orangtuanya memangkunya. Kepsek SDN 002 Bintan Utara kepada Batam Pos mengatakan, hari pertama siswa, para orangtua yang anaknya baru pertama sekolah memang diberi ruang mengantar anaknya ke sekolah. Hanya, mereka dibatasi sampai di depan ruangan.

“Tidak boleh masuk. Besok juga mereka hanya mengantar saja, tidak boleh menemani lagi. Ini kita lakukan agar anak-anak mandiri,” katanya. Dalam 3 hari pertama, katanya, anak-anak baru di kelas I akan diberikan materi pengenalan lingkungan sekolah saja.
Kepala SDN 001 Bintan Utara, Yeni mengatakan, hari pertama siswa baru hanya diberikan materi pengenalan lingkungan sekolah. “Hari ketiga mereka baru belajar efektif,” katanya. (cr21)

Update