Kamis, 28 Maret 2024

Suhu Udara Batam hingga 34 Derajat

Berita Terkait

ilustrasi

batampos.co.id – Warga Kota Batam, suhu udara di Batam mencapai 34 derajat celcius. Itu yang jadi alasan mengapa Batam beberapa hari ini terasa panas.

Kondisi panas tersebut disebabkan karena rendahnya kelembapan udara dan tipisnya frekuensi awan.

Diki, warga Batamcenter merasakan suhu panas di Batam berbeda dengan hari sebelumnya. Bahkan, membuat kulit yang terpapar langsung sinar matahari terasa perih.

“Cuaca hari ini panas banget. Panasnya bikin kulit perih, apalagi tadi saat pakai motor lupa pakai jaket,” terang Diki, Senin (17/7) siang.

Kondisi cuaca panas di Batam dibenarkan oleh Kepala seksi data dan informasi (Kasi Datin) BMKG Hang Nadim, Suratman. Namun suhu panas cuaca di Batam masih dikatakan normal, meski berada diatas angka 34 derajat celcius.

Seperti suhu panas di Air Limbah (Kawasan Batamcenter) diatas pukul 12.00 WIB sempat diatas 34 derajat, kemudian di Tanjung Sengkuang dibawah pukul 13.00 WIB sempat diatas 33 derajat.

“Memang terjadi peningkatan suhu hingga 34 derajat untuk beberapa lokasi. Namun itu masih normal,” terang Suratman.

Menurutnya, suhu panas terjadi karena kelembapan udara yang rendah, ditambah tipisnya frekuensi awan. Hal itu disebabkan karena terbentuknya daerah belokan angin di Kepri. Sehingga membuat perlambatan massa udara dan terjadi penumpukan massa udara di Kepri.

“Kecepatan angin yang kencang kurang mendukung proses pertumbuhan awan. Namun lebih disebabkan faktor kelembapan yang tidak terlalu tinggi di atmosfir,” jelas Suratman.

Disisi lain, Suratman menjelaskan kondisi panas serupa akan terjadi hingga tiga hari kedepan. Karena itu, warga diminta untuk memperbanyak minum air putih agar tidak dehidrasi.

“Hindari juga aktivitas langsung di bawah terik matahari,” sebut Suratman. (she)

Update