Jumat, 19 April 2024

Merebut Asa saat Ada Lowongan Kerja

Berita Terkait

ilustrasi F. Dalil Harahap/Batam Pos

batampos.co.id – PT Tunas Karya Indoswasta kembali merekrut ratusan pelamar di Kawasan Batamindo, Selasa (18/7). Staf Rekrument PT Tunas Karya Indoswasta , Heru mengatakan rekrutan ini diperuntukkan bagi empat perusahaan di kawasan Batamindo yakni Sumitomo, Chiba Vision, Unisem dan wohlreb Indonesia sebagai tenaga operator.

Ada seratus lamaran yang masuk. Mereka merupakan pelamar usia produktif yang datang dari berbagai daerah di Batam untuk bekerja. Rata-rata pekerja ini merupakan pendatang baru dan lulusan SMA.

“Hari ini ada seratus lamaran pekerja yang masuk, ada perempuan dan laki-laki,” kata Heru saat ditemui di MPH Mukakuning.

Dia mengatakan seratus pelamar ini terlebih dahulu akan di tes oleh pihak Tunas Karya. Selanjutnya akan diserahkan ke masing – masing perusahaan sesuai dengan kuota yang diminta. Perusahaan yang meminta pun akan mengetes ulang sesuai dengan kualifikasi yang ditentukan. Semisal usia atau kesehatan.

“Kami di sini hanya tes saja. Selebihnya mereka diterima apa tidak kami serahkan ke pihak perusahaan,” kata Heru.

Sementara itu, saat proses seleksi berkas, tampak MPH Batamindo disesaki pelamar yang datang sejak pagi. Petugas seleksi pun menerapkan sistem antre. Sedangkan jalur antre diberi pembatas, agar tertib dan aman. Selama seleksi berkas berlangsung, tampak raut tegang di wajah mereka.

Salah satu pelamar Nurhadin mengatakan berharap bisa diterima di PT Sumitomo. Ia sendiri sudah menganggur selama tiga bulan, setelah sebelumnya pernah bekerja di PT Foster di kawasan Batamindo.

“Baru-baru ini menganggur. Gak enak. Makanya saya melamar kerja lagi,” kata Hadi sapaannya.

Hadi tak sendiri, ada ratusan pencaker lainnya yang berharap diterima bekerja di perusahaan tersebut.

“Iya, udah beberapa kali di tes tak lolos. Tangan basah lah, interview kurang memuaskan, ada saja alasan tak diterima,” ujar Dinda pencaker asal Palembang. (cr19)

Update