Jumat, 19 April 2024

Ikan Karang Mulai Langka di Pasar

Berita Terkait

Aktivitas jual beli ikan di Pasar KUD Tanjungpinang, Sabtu (2/4). F.Yusnadi/Batam Pos

batampos.co.id – Dalam waktu beberapa hari terakhir, ikan karang sukar didapati di Pasar Tanjungpinang. Sejumlah pedagang mengaku, pasokan dari nelayan untuk ikan karang cukup rendah dalam beberapa pekan terakhir. Kalaupun ada, jangan heran jika harganya tidak seperti hari-hari biasa.

“Sekarang ini angin lagi kuat. Lagi pula, kata nelayan, sekarang juga sedang tidak musim ikan karang, jadi susah dapatnya,” ujar Joko, pedagang ikan di Pasar Bintan Center Tanjungpinang, Rabu (19/7).

Kondisi ini membuat penjual ikan segar seperti Joko dalam kondisi sulit. Jika menolak penjualan ikan dari nelayan, sudah bisa dipastikan nelayan akan kesulitan memenuhi kebutuhan sehari-harinya. Jika diterima, mau tidak mau,

Joko juga harus menjualnya dengan harga yang lebih tinggi untuk sekadar menutupi modal. “Biasanya cuma Rp 15 ribu-an sekilonya. Sekarang bisa Rp 20 – 35 ribu. Jadi tidak banyak juga masyarakat yang beli,” ungkapnya.

Lain halnya dengan ikan tongkol. Jika sebelumnya pada momen lebaran ikan ini harganya cukup tinggi, kini sudah tidak lagi. Tongkol putih, misalnya. Pada musim Lebaran lalu, harganya bisa mencapai Rp 40 ribu per kilogram.

“Tapi sekarang sudah Rp 28 ribu saja. Kalau tongkol merah lebih murah, per kilonya hanya Rp 23 ribu,” beber Joko. (aya)

Update