Sabtu, 20 April 2024

70 Persen Visa Calon Jamaah Haji Sudah Selesai

Berita Terkait

Jutaan umat Islam dari berbagai negara tawaf di masjidil Haram, Makkah. Foto: Amr Abdallah Dalsh/reuters

batampos.co.id – Sebanyak 885 visa calon jamaah haji asal Kepulauan Riau (Kepri) selesai diproses. Hal ini dikatakan Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Kepri, Subadi, Kamis (20/7). Tahun ini Kepri memberangkatkan sedikitnya 1.286 jamaah calon haji menuju Makkah, Arab Saudi.

“Alhamdulillah, dari total keseluruhan yang sudah selesai mencapai 70 persen,” kata Subadi, Kamis (20/7).

Dia menjelaskan semua visa yang selesai diproses merupakan kepunyaan jamaah calon haji yang tergabung dalam kloter satu dan kloter 19, sedangkan untuk kloter terakhir atau kloter 27 belum selesai diproses.

“Kloter 19 masih ada empat visa lagi yang belum siap. Tahun ini penerbitan visa dilakukan berdasarkan urutan kloter, jadi yang kloter 27 masih menunggu dulu,” terangnya.

Mengenai kesiapan PPPIH Kepri menyambut kedatangan jamaah calon haji tahun ini, Subadi mengatakan persiapan sudah 95 persen berjalan, termasuk mempersiapkan asrama haji untuk calon jamaah menginap sebelum diberangkatkan.

“Beberapa perbaikan asrama haji sudah selesai dilaksanakan, setiap ruangan kamar juga telah dipasangi pendingin ruangan, agar jamaah merasa nyaman selama berada di asrama,” terangnya.

Tahun ini, selain Kepri ada empat provinsi lagi yang akan bergabung di embarkasi Batam yaitu, Provinsi Riau sebanyak 5.030 jamaah, Jambi 2.900 jamaah, Kalimantan Barat 2.510 jamaah, dan Palembang sebanyak 90 jamaah, ditambah 135 petugas haji dari empat provinsi tersebut.

“Total keseluruhan terdapat 12.030 jamaah embarkasi Batam yang akan berangkat nanti,” sebutnya.

Untuk waktu keberangkatan jamaah calon haji, Subadi menyebutkan jamaah kloter pertama akan berangkat, Selasa (1/8) mendatang, dan mulai masuk ke asrama satu hari sebelumnya. Jamaah akan diberangkatkan menggunakan maskapai penerbangan Arab Saudi Airlines menuju kota Makkah, Arab Saudi.

“kloter pertama sebanyak 450 jamaah yang akan berangkat, Natuna 72 jamaah, Lingga 39 jamaah, Bintan 71 jamaah, Anambas 39, Karimun 194 jamaah, dan Batam 35 jamaah,” tutupnya. (cr17)

Update