Ketua dan panitia Baznas Karimun menyerahkan dana umat kepada pelajar kurang mampu di Masjid Baiturahman Teluk Air, Kamis (20/7). F. Tri Haryono/ Batam Pos.

Batampos.co.id – Badan Amil Zakar Nasional (Baznas) kabupaten Karimun mendistribusikan dana umat yang ada di Baznas Karimun untuk periode ke II untuk 554 pelajar yang kurang mampu, kemarin (20/7).

Penerima bantuan pendidikan tersebut, di mulai dari tingkat Sekolah Dasar (SD) / Madrasah Ibtidaiah (MI) sebanyak 9 sekolah dengan jumlah penerima ada 139 pelajar.
Kemudian, tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) / Madrasah Tsanawiyah (MTs) 17 sekolah dengan 243 pelajar dan terakhir tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) / Madrasah Aliyah (MA) 12 sekolah dengan penerima ada 172 pelajar.

”Totalnya ada 38 sekolah untuk periode kedua ini, dengan total semuanya mencapai Rp 112.400 Juta. Masing-masing pelajar mendapatkan bantuan pendidikan mulai Rp 150 ribu, Rp 200 ribu dan Rp 250 ribu sesuai tingkatkan sekolah,” jelas Ketua Baznas Karimun H Atan AS, di Masjid Baiturahman Teluk Air.

Lanjutnya, pada tahun ini pihaknya sudah menyalurkan zakat sebesar Rp 820 juta yang terdiri dari periode ke-I pada bulan maret lalu Rp 320 juta dan periode ke II- sebesar Rp 500 juta. Dan dana zakat yang terkumpul ini, selain diberikan kepada masyarakat kurang mampu. Telah disisihkan sebesar 30 persen, untuk dunia pendidikan bagi anak-anak pelajar yang kurang mampu.

”Mudah-mudahan di periode terakhir nanti akan tercapai target yang telah ditetapkan Baznas Provinsi Kepri. Dan saya mengimbau kepada masyarakat yang bekerja agar melakukan zakat profesi kepada Baznas Karimun,” harapnya.

Sementara itu Staf Ahli Bupati Karimun Usman Ahmad berharap kepada para pelajar, agar tidak dilihat dari isi bantuan itu. Namun, bagaimana memanfaatkan bantuan tersebut untuk melengkapi mobiler sekolah seperti beli buku, peralatan sekolah dan sebagainya.

” Paling penting disiplin. Nah, salah satunya bagaimana anak-anak ku disiplin memanfaatkan bantuan pendidikan dari Baznas Karimun,” tuturnya. (tri)

Respon Anda?

komentar