Jumat, 19 April 2024

KPK akan Turun ke Anambas

Berita Terkait

DK PBB Bahas Keanggotaan Penuh Palestina

Batam Segera Miliki Premium Outlet

batampos.co.id – Dua orang dari divisi pencegahan dan pengawasan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan datang ke Anambas.

Kedatangan personel KPK ke Anambas ini, menurut Inspektur Kabupaten Anambas, Ody Karyadi, untuk menggelar rapat koordinasi dengan Pemkab Anambas, sekaligus menyaksikan penandatanganan fakta integritas seluruh kepala desa di Anambas.

Kedatangan personil KPK tersebut kata Ody, merupakan bentuk lanjutan Nota Kesepahaman pemerintah daerah dengan KPK yang sudah dilaksanakan pada pertengahan bulan Mei lalu. Dengan dilaksanakan nota kesepahaman tersebut melahirkan program pencegahan dan pemberantasan korupsi.

“Nota kesepahaman dengan KPK itu dilakukan oleh seluruh Kepala Daerah yang ada di Kepri baik itu walikota, bupati hingga ke tingkat Gubernur,” ujar Ody Karyadi.

Dalam bidang pencegahan korupsi, ada beberapa indikator yang harus diawasi oleh KPK. Seperti masalah pengelolaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), Barang dan Jasa, Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP), Optimalisasi Pendapatan dan yang kelima mengenai Pengawasan dan Pengendalian.

“Ini yang nantinya akan dikoordinasikan apakah semuanya harus dikoneksikan dengan KPK secara online agau seperti apa nantinya itu akan didudukkan,” ungkap Ody.

Untuk koordinasi tingkat daerah melibatkan empat sejumlah pihak mulai dari Sekda Asisten I, Asisten II, Asisten III dan Inspektur atau kepala Inspektorat. “Pak Sekda menjadi ketua dengan anggotanya tiga asisten ditambah saya selaku kepala Inspektorat (Inspektur),”kata Ody. (sya)

Update