Sabtu, 20 April 2024

Yusrizal Perkirakan KMP Paray Operasi Pekan Depan 

Berita Terkait

Suasana di Pelabuhan Jago sebagai salah satu Pelabuhan di Kabupaten Lingga yang paling aktif. F Wijaya Satria/Batam Pos

batampos.co.id -Yusrizal memperkirakan kapal Roll On Roll Off (Roro) KMP Paray dengan rute Dabo – Daik dan sebaliknya akan kembali beroperasi melayani masyarakat Bunda Tanah Melayu Minggu depan setelah menjalani perbaikan atau docking kapal.

“Biasanya kapal roro memerlukan waktu tiga minggu atau lebih untuk proses docking kapal. Kalau tidak salah Paray sudah dua pekan lebih menjalani proses docking,” ujar Yusrizal ketika dihubungi Batam Pos, Kamis (20/7) siang.
Ke depan, lanjut Yusrizal, KMP Paray akan melayani penyeberangan antar pulau yakni Pulau Singkep dan Pulau Lingga sebanyak dua kali dalam sehari. Dari Pelabuhan Jagoh ke Daik Lingga dan kembali lagi hingga dua kali pulang pergi (PP) dalam satu hari.
“Sampai hari ini, rute Roro Jagoh-Penarik masih tetap dua trip sehari. Kami minta ASDP mempertahankan kebijakan penambahan jam pelayaran pada rute ini,” tutupnya
Selain Docking, masih Yusrizal, tidak beroperasinya KMP Paray sekaligus untuk memperpanjang izin pelayaran yang telah habis pada 7 Juli tahun ini. Namun diperkirakan, KMP Paray akan beroperasi kembali setelah mengurus seluruh perizinan dan layak berlayar kembali.
“Walau KMP Paray termasuk kapal yang terbilang berumur tua namun perannya melayani masyarakat sangat membantu,” kata Yusrizal.
Hal tersebut telah terbukti saat momen libur panjang Idulfitri lalu, KMP Paray membuktikan peran pentingnya melayani kebutuhan masyarakat di dua pulau besar Kabupaten Lingga. Kapal terus-menerus disesaki penumpang meskipun pihak ASDP menambah trip pelayaran kapal itu menjadi dua trip setiap hari.
Selama tidak beroperasi KMP Paray, penumpang yang membutuhkan armada penyeberangan terpaksa menggunakan speed yang ada. Sehigga peran KMP Paray masih sangat dibutuhkan bagi masyarakat Kabupaten Lingga. (wsa)

Update