Selasa, 19 Maret 2024

Bintan Kekurangan 1.900 Guru

Berita Terkait

batampos.co.id – Kadis Pendidikan Bintan Tamsir mengatakan, Bintan masih kekurangan sekitar 1.900 guru. Kekurangan tersebut tertutupi tenaga guru yang di SK kan menjadi honor daerah maupun guru yang diangkat melalui komite sekolah.

Data di Dinas Pendidikan Kabupaten Bintan mencatat guru yang berstatus pegawai negeri sipil (pns) sebanyak 1.200 orang, sedangkan guru honor sebanyak 1.400 orang dan yang diangkat melalui komite sekolah sebanyak 500 guru.

“Dari 1.400 ditambah 500 orang guru honor komite sekolah. Itulah jumlah kekurangan guru di Bintan,” jelasnya.

Dari 1.400 guru honor ia menyebutkan pemerintah menganggarkan untuk alokasi pengajian sebesar Rp 14 miliar per tahun. Pengalokasian guru PNS sekitar Rp 170 miliar. Bila ditotalkan sekitar Rp 184 miliar. Pagu anggaran di Dinas Pendidikan Bintan, Tamir menyebutkan sekitar Rp 230 miliar.

“Hanya tersisa sekitar Rp 50 miliar,” kata Tamsir.

Rp 50 miliar itu antara lain dialokasikan untuk transportasi darat dan laut siswa secara gratis yakni membiayai transportasi 19 pompong dan 43 unit bus sebesar Rp 10,5 miliar. Lalu, sebesar Rp 6 miliar untuk bantuan perlengkapan sekolah bagi siswa baru.

“Kalau diharapkan dari APBD tidak bisa. Makanya, pembangunan infrastruktur peningkatan mutu sekolah dari APBN sekitar Rp 4 miliar telah dialokasikan untuk Bintan antara lain program rehabilitasi, RKB, pengadaan komputer dan lainnya,” tuturnya.

Selain bantuan di atas, tahun ini, pemerintah pusat akan mengirimkan guru yang akan ditugaskan di daerah hinterland atau pesisir. 18 orang guru ini akan diperbantukan di Kecamatan Mantang dan Bintan Pesisir. “Ini akan sangat membantu kekurangan guru yang ada di daerah pesisir,” katanya. (cr21)

Update