Selasa, 23 April 2024

Jumlah Peserta Indonesia Naik 61 Persen

Berita Terkait

Anak-anak Indonesia sedang berlomba lari dalam ajang Ironman 70.3 2016 lalu. Tahun ini sebanyak 300 anak-anak akan mengikuti kembali kategori kids Ironman 70.3 Bintan 2017 di Lagoi Bay, Kawasan Pariwisata Lagoi 20 Agustus mendatang. F.Harry Suryadi Putra/batam Pos.

batampos.co.id – Group General Manager (GGM) PT Bintan Resort Cakrawala (BRC), Abdul Wahab mengatakan jumlah peserta Ironman 70.3 Bintan 2017 mengalami kenaikan sebesar 61 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Dari 350 peserta di 2016 lalu menjadi 500 peserta di tahun ini.

“Dengan peningkatan ini menunjukkan olahraga ketahanan di Indonesia mengalami perkembangan pesat,” ujar Wahab, kemarin.

Peminat ajang olahraga bertaraf internasional ini, kata Wahab akan diwarnai oleh dua kalangan. Diantaranya dari kalangan atlet dewasa sebanyak 200 orang akan mengikuti perlombaan triathlon kategori amatir dan profesional dan kalangan anak-anak sebanyak 300 orang akan mengikuti kategori kids (khusus anak-anak-red).

Khusus atlet dewasa, masih Wahab Indonesia menurunkan Inge Prasetyo. Atlet amatir Indonesia pertama yang lolos kualifikasi Ironman World Championship 2017 di Hawaii, akan memanfaatkan peluang tersebut untuk memenangkan satu di antara 30 slot yang ditawarkan untuk mengikuti kompetisi Ironman 70.3 World Championships di Afrika Selatan 2018 mendatang.

Namun, lanjut Wahab Inge Prasetyo yang merupakan Ambasador Ironman 70.3 Bintan 2017 ini tidak mendapatkan tiket emas itu secara mudah. Karena dia harus bersaing sengit dengan para pemenang diajang yang sama ditahun 2016 lalu yaitu Fredrik Croneborg dan Kate Bevilaqua.

“Pastinya event ini akan berjala seru dan sengit. Karena selain banyak yang mengikutinya juga hadiah yang disediakan sangat menajubkan. Yaitu uang tunai sebesar 15 ribu dolar Amerika (US$),” bebernya.

Untuk kategori atlet profesional, sambung Wahab peserta harus melintasi rute berenang sejauh 1,9 Km. Selanjutnya, para atlet akan bersepeda sejauh 90 Km di jalanan yang mulus dan lebar yang dipenuhi berbagai rintangan terjal. Para peserta akan mengakhiri lomba ini dengan berlari sejauh 21 Km.

Sedangkan untuk kategori anak-anak (kids), tambah Wahab mereka tidak perlu melintasi perairan untuk berlomba renang dan juga tidak perlu mengayuh sepeda. Tetapi mereka diharuskan untuk berlomba lari sejauh 1,5 Km.

“Tahun ini rute lari telah dirancang ulang oleh Metasport. Tujuannya supaya lebih menarik lagi bagi para triathlete. Tapi suasana lintasannya memiliki pemandangan lebih menarik ketimbang penyelenggaraan tahun sebelumnya,” ungkapnya.

Kata Wahab, para penonton dan masyarakat setempat juga bisa berpartisipasi dalam event tahunan ini. Bahkan mereka semua akan dihibur dengan berbagai aktivitas sepanjang akhir pekan. Mulai dari live music, festival makanan dan minuman, hadiah, lucky draw, dan beragam hiburan lainnya.

“Mereka juga memperoleh kesempatan untuk mengikuti sesi tanda tangan dan foto bersama para atlet yang berlaga diajang ini,” pungkasnya. (ary)

Update