Selasa, 19 Maret 2024

Pemko Diminta Rutin Pelihara Laman Boenda

Berita Terkait

Sejumlah anak bermain di taman bermain Laman Boenda Tanjungpinang, Kamis (6/7). F.Yusnadi/Batam Pos

batampos.co.id – Kawasan Tepi Laut menjadi zona olahraga favorit sebagian besar warga Tanjungpinang. Utamanya mereka yang menggandrungi lari pagi. Keriuhannya bisa dilihat pada tiap Minggu pagi. Dari kawasan Anjung Cahaya hingga Ocean Corner akan banyak dilihat orang lalu-lalang.

Terlebih di kawasan taman Laman Boenda yang di tengahnya dibangun Gedung Gonggong. Warga yang seusai olahraga seringkali rehat di sana. Sebagian besar juga berfoto-foto atau sekadar menarik napas.

Satu dari sekian warga yang sering lari pagi di sana adalah Pepy Candra. Perempuan yang juga Anggota DPRD Kota Tanjungpinang ini mengaku sudah lama menjalani rutinitas lari pagi bersama sang suami.

“Biasanya keliling area tepi laut berapa kali,” tuturnya, Jumat (21/7).

Menurut Pepy, aktivitas lari pagi di seputaran Tepi Laut bisa dimanfaatkan sebagai kegiatan kepariwisataan. Namun, sebagaimana di daerah lain, kata Pepy, perlu dilakukan sejumlah pembenahan sarana dan fasilitas di sana. Sepanjang trek lari pagi, kalau perlu, kata dia, dihias dan dipercantik. Sehingga kian menarik minat warga untuk lari pagi.

“Di kota-kota besar, Minggu pagi yang biasanya juga Car Free Day itu selalu ditunggu-tunggu. Seharusnya Tanjungpinang juga mulai menimbangkan hal semacam itu,” ujar politisi dari Partai Demokrat ini.

Bila sudah semarak, sambung dia, bukan tidak mungkin ke depannya, akan ada lebih banyak acara-acara yang digelar tiap Minggu pagi, baik itu yang ditaja pihak pemerintah atau pun swasta. “Tapi ya itu, percantik dulu kawasannya, biar orang semakin tertarik. Pemeliharaan rutin harus dilakukan, kebersihan harus sangat-sangat diperhatikan,” ujarnya.

Karena, kata Pepy, hal semacam ini merupakan permintaan yang sering disampaikan masyarakat ketika berpapasan dengannya ketika sedang lari pagi. “Jadi kampanye sehat itu tidak boleh sebatas di mulut saja, tapi juga harus ada tindakan nyata. Kalau cuma teriak, ayo olahraga… semua orang juga bisa,” pungkas Pepy. (aya)

 

Update