Kamis, 25 April 2024

Polisi Awasi Distribusi Sembako

Berita Terkait

batampos.co.id – Distributor, pedagang besar dan pengecer sembako, diminta tidak menimbun atau tidak asal menaikan harganya. Sebab, polisi mulai turun ke lapangan melakukan pengawasan.

”Sesuai dengan perintah dari Mabes Polri mengenai pengawasan terhadap harga sembako, kepolisian juga bertanggungjawab. Sejak dua hari lalu kita sudah mulai turun ke distributor, pedagang dan pengecer yang ada di pasar. Tujuannya untuk memastikan harga beras tidak memberatkan masyarakat,” ujar Kapolres Karimun, AKBP Agus Fajaruddin melalui Kasat Reskrim, AKP Dwihatmoko Wiroseno kepada, Jumat (21/7).

Selain itu, kata Dwihatmoko, pentingnya pengawasan dan pengcekan ke lapangan untuk memastikan jangan sampai ada pihak-pihak yang mengambil keuntungan dengan melakukan penimbunan beras. Artinya, jika ada spekulan yang bermain terhadap beras untuk meraup keuntungan dan menyebabkan masyarakat resah, maka pihaknya akan mengambil tindakan hukum.

”Untuk saat ini harga beras di Karimun masih stabil. Yakni, beras premium maksimal Rp 15 ribu per kg dan beras medium pada harga Rp 12 ribu per kg. Dan beras itu didatangkan dari Pulau Jawa. Dan, ada juga yang didatangkan dari daerah Sumatera, salah satunya Sumatera Barat. Dan, kalau dari Pulau Jawa butuh waktu dua pekan baru sampai di Karimuun. Untuk itu, pengawasan ke lapangan sangat penting kita lakukan,” jelasnya.

Disinggung tentang persediaan beras sampai dengan pekan ini, Dwihatmoko menyatakan, saat ini stok beras masih ada sisa 811 ton, sedangkan kebutuhan rata-rata dalam satu bulan untuk wilayah Kabupaten Karimun sebanyak 2.285 ton dan di gudang Bulog tersedia 96 ton.

”Namunm, beras di Bulog itu hanya tersedia beras Rastra atau Raskin. Untuk itu, salah satu kekhawatiran kita apakah Bulog mampu untuk menutupi beras di Karimun. Sebab, pada awal Ramadan Karimun kekurangan hampir 2 ribu ton beras premium. Tapi, sampai saat ini belum ada juga tersedia beras premium. Beruntung ada kapal yang cepat masuk membawa beras, sehingga tidak sampai terjadi kekosongan beras dan hargnya tidka naik,” ungkapnya. (san)

Update