Emoji Berjilbab

batampos.co.id – Rayouf Alhumedhi merasakan ketidakadilan. Teman-temannya bisa mengirimkan emoji yang mewakili karakter mereka, tapi tidak dengan dirinya.

Gadis 16 tahun kelahiran Arab Saudi itu berhijab. Dia ingin ada karakter emoji yang merepresentasikan dirinya dan perempuan berhijab lainnya.

”Saya menginginkan emoji yang merepresentasikan diri saya,” ujarnya saat diwawancarai CNN.

Remaja yang kini tinggal di Wina, Austria, itu tidak tinggal diam. Dia mendekam dua hari di kamar. Bukan ngambek. Melainkan membuat proposal untuk Unicode Consortium, perusahaan nonprofit yang mengatur dan menstrandardisasi gambar-gambar emoji agar tetap muncul meski perangkat yang digunakan beda-beda.

Proposal Alhumedhi akhirnya dikabulkan. Pada Hari Emoji Sedunia pada Senin (17/7), gambar perempuan berhijab sudah bisa digunakan.

Ide itu pun mendapat dukungan dari co-founder forum diskusi onlie Reddit, Alexis Ohanian. Jika disetujui, emoticon dengan jilbab tersebut bakal bisa digunakan pada 2017.

Seperti dilansir BBC, proposal emoji baru itu datang saat Eropa sedang ramai isu penggunaan jilbab. Debat mengenai penggunaan jilbab itu pun datang dalam berbagai tema. Mulai kebebasan beragama, kesetaraan gender, tradisi, sampai ketakutan atas terorisme.

Rayouf Alhumedhi saat diwawancarai mengatakan ide mengenai emoji jilbab itu datang saat dia sedang chatting dengan rekannya di media sosial. Saat hendak menggunakan emoji, dia sadar tidak ada emoji yang menggambarkan dirinya, seorang perempuan berjilbab. Setelah membaca tentang artikel emoji, dia pun mengirimkan e-mail ke Unicode. E-mail itu pun berbalas dengan tawaran untuk membuat draft formal. ”Hari ini dan sekarang, representasi adalah penting,” katanya. ”Orang ingin dikenal dan mendapatkan pengetahuan. Khususnya di dunia teknologi. Ini massif. Emoji ada dimana-mana,” sambungnya. (*/tia)

Respon Anda?

komentar