Sabtu, 20 April 2024

Pemko Batam Bangun Sekolah Baru di Tiban Mentarau

Berita Terkait

ilustrasi

batampos.co.id – Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Batam Muslim Bidin mengatakan sekolah yang dimungkinkan untuk dibangun dalam waktu dekat adalah pembangunan gedung Sekolah Menengah Pertama (SMP) di bilangan Tiban Mentarau, Sekupang.

Ia menyampaikan dasar hal ini karena selain lahan untuk sekolah sudah tersedia, jumlah anak yang belum tertampung juga banyak di sekitar lingkungan yang bakal dibangun sekolah tersebut.

“Dalam membangun sekolah kita lihat yang paling besar siswa yang tak tertampung. Yang masih tak tertampung 10 sampai 20 tak mungkin kita bangun kan, kalau di Tiban sudah di atas 100 orang,” kata Muslim, kemarin.

Menurutnya, jumlah siswa yang tak tertampung di wilayah tertentu dengan kuatitas 10 hingga 20 orang masih bisa diatasi dengan pemanfaatan ruang yang ada.

“Kalau sebanyak ini masih bisa lah,” ucapnya.

Namun demikian, ia mengatakan rencana ini masih menunggu arahan lebih lanjut dari Wali Kota Batam Muhammad Rudi. Karena ada beberapa hal yang terbilang butuh pertimbangan yang matang.

“Kalau dibuka kita masih pikirkan bagaiamana kebutuhan gurunya, bayar gajinya lalu operasional sekolah dari kertas, spidol dan lain-lain. Karena ini (bangun sekolah) perlu budget khusus,” ujarnya.

Sebelumnya, Muslim mengungkapkan untuk mengatasi daya tampung di Batam sedikitnya perlu dibangun enam sekolah per tahun, dengan rincian tiga bangunan Sekolah Dasar (SD) dan tiga gedung Sekolah Menengah Pertama (SMP), bahkan ia berencana dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan tahun ini akan mencoba mengajukan enam bangunan sekolah yang dimaksud.

“Tiga SDN dan Tiga SMPN, kita akan coba usulkan di APBD-P nanti,” ujar mantan Kepala Sekolah SMKN 1 Batam ini, beberapa waktu lalu.

Untuk membagun satu sekolah baru, membutuhkan biaya hingga Rp 5 miliar, gedung sekolah akan dibangun dalam tiga lantai. (cr13)

Update