Kamis, 25 April 2024

Hari ini Bawaslu Putuskan Komisioner Panwaslu

Berita Terkait

batampos.co.id – Ketua Panitia Seleksi (Pansel) Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Batam, Sri Langgeng mengatakan pihaknya sudah menyelesaikan rangkaian tahapan seleksi untuk mencari kandidat terbaik yang akan duduk sebagai komisioner Panwaslu Batam. Apabila tidak ada halangan hari ini, Selasa (25/7) kandidat terpilih akan diputuskan.

“Kita sudah menyerahkan hasil seleksi ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Kepri. Ada enam kandidat terpilih yang kita sampaikan,” ujar Sri, Senin (24/7).

Dikatakannya, timsel di bawah komandonya menangani zona A yang terdiri dari Batam, Karimun, dan Natuna. Ditegaskannya, pihaknya tidak lagi punya kapasitas ketika nama-nama yang direkomendasikan sudah masuk ke Bawaslu Kepri.

“Untuk memutuskan siapa komisioner terpilih tentunya harus melalui sidang pleno ditingkat Bawaslu Kepri. Karena masih ada tiga kandidat yang akan tersisih di setiap daerah,” paparnya.

Menurutnya, tertundanya pleno oleh Bawaslu Kepri hari ini (kemarin,red) disebabkan proses akhir seleksi di Zona B yang terdiri dari, Tanjungpinang, Bintan, Lingga dan Anambas masih belum selesai. Karena Bawaslu baru akan melakukan pleno setelah semua rekomendasi masuk.

“Kami juga sedang menunggu konfirmasi lanjutan dari Bawaslu Kepri. Apakah fix besok (hari ini,red) digelarnya Pleno atau tidak,” jelasnya.

Terpisah, anggota Bawaslu Kepri, Indrawan mengatakan Bawaslu Provinsi Kepri bisa melaksanakan Sidang Pleno adalah ketika sudah menerima laporan dari masing-masing Pansel yang ditunjuk. Apalagi sekarang ini, Ketua Bawaslu Kepri masih berada di Jakarta.

“Pada prinsipnya kita menunggu hasil akhir dari Tim Pansel. Apabila sudah ada, tentu akan segera dilaksanakan Sidang Plenonya,” ujar Indrawan

Sementara itu, dari informasi yang dapat di lapangan, Timsel Zona B sudah menyelesaikan proses akhir seleksi Tanjungpinang pada hari Minggu (23/7) lalu. Sedangkan hari ini (kemarin,red) adalah melakukan tahapan wawancara untuk calon-calon komisioner Panwaslu Kabupaten Bintan.(jpg)

Update