Jumat, 19 April 2024

Putra Kapolda Kepri Dilantik Presiden RI

Berita Terkait

foto: sespri

batampos.co.id – Irjen Sam Budigusdian, Kapolda Kepri sedang berbahagia, putra keduanya Ipda Iqbal Satya Bimantara, S.Tr.K lulus Akpol.

Iqbal menjadi salah satu dari 729 perwira Remaja yang dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi), Selasa (25/7/2017).

Mereka yang dilantik ialah lulusan Akmil, AAU, AAL dan Akpol.

Pagi tadi Presiden menjadi  Inspektur Upacara dalam acara Prasetya Perwira TNI dan Polri, di halaman Istana Merdeka, .

Dalam amanatnya, Presiden Jokowi yang didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Ibu Mufidah Kalla, mengucapkan selamat kepada para Perwira Remaja lulusan Akademi TNI dan Akademi Kepolisian Republik Indonesia yang telan dilantiknya.

“Inilah awal perjalanan Saudara-saudara menjadi perwira yang setia, yang mengabdi pada bangsa dan pada negara, serta kepada seluruh rakyat Indonesia,” kata Presiden Jokowi.

Presiden mengingatkan, bahwa para Perwira Remaja itu adalah masa depan TNI dan Polri.  Dan di tangan merekalah, lanjut Presiden, yang akan membentuk dan menjalankan adaptasi dan reformasi institusi, agar TNI dan Polri dapat terus mengimbangi bahkan mendahului perkembangan tantangan modern dewasa ini.

“Tantangan-tantangan sifatnya multidimensi, yang tidak boleh kita biarkan jika kita ingin tetap menjaga keutuhan negara kita, Indonesia. Jika kita ingin tetap menjaga keselamatan seluruh rakyat Indonesia,” tegas Presiden Jokowi.

Ia menunjuk contoh tantangan-tantangan multidimensi itu, seperti upaya-upaya pengeroposan nilai-nilai Pancasila, tindak kekerasan dan anarkisme, separatisme dan terorisme, meningkatnya peredaran narkoba, dan penyelundupan dan perdagangan ilegal.

Sementara di luar negeri, lanjut Presiden, isu-isu seperti kompetisi global, permasalahan perbatasan, konflik antar negara, konflik intra negara, peperangan asimetris, perebutan cadangan energi, perlombaan senjata oleh negara-negara yang berkekuatan militer maupun berkembangnya ISIS dan foreign terrorist fighters menjadi isu-isu yang memberikan dampak secara langsung maupun tidak langsung terhadap Indonesia.

Dalam menghadapi berbagai tantangan yang ada, Presiden Jokowi mengingatkan TNI dan Polri agar selalu bersinergi, bergotong-royong untuk kepentingan merah putih. (ska/setkab)

Update