Selasa, 19 Maret 2024

Apri: Kabupaten Bintan Naik Kelas

Berita Terkait

Bupati Bintan Apri Sujadi foto bersama Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana Kabupaten Bintan, Kartini di Bintan Expo, Tanjungpinang, Senin (24/7). F.Slamet/Batam Pos.

batampos.co.id – Kabupaten Bintan menerima penghargaan Kota Layak Anak (KLA) kategori madya di puncak Hari Anak Nasional (HAN) di Pekanbaru, Riau, Sabtu (22/7) lalu.

Penghargaan yang dianugerahkan Kementerian Sosial (Kemensos) itu diberikan ke Kabupaten Bintan melihat komitmen Bupati Bintan Apri Sujadi yang memfokuskan pembangunan berbasis anak.

Bupati Bintan Apri Sujadi di Bintan Expo, Senin (24/7) sore menyampaikan, ini adalah apresiasi pemerintah pusat terhadap Kabupaten Bintan. Kabupaten Bintan sebelumnya menerima penghargaan KLA di kategori pratama. Tahun ini, Bintan menerima penghargaan yang sama di kategori madya. “Artinya Kabupaten Bintan naik kelas,” ujar Apri.

Apri meminta kepada semua pihak mempertahankan penghargaan yang sudah diraih. Ke depan, masih kata Apri, Pemkab Bintan akan memberikan porsi lebih yakni memfokuskan pembangunan yang berbasis anak-anak.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Bintan, Kartini menuturkan, banyak sekali program pembangunan yang berbasis anak-anak yang merupakan program unggulan Pemkab Bintan.

Dibeberkannya, yakni program pendidikan gratis siswa SD hingga SMP. Di bidang kesehatan, Pemkab memberikan layanan gratis kepada masyarakat yang memiliki KTP Bintan. “Dengan modal KTP Bintan, akan dilayani,” kata Kartini.

Hak sipil anak, sambungnya yakni pemberian akta kelahiran gratis juga sudah dilakukan. Kemudian, membangun ruang terbuka hijau untuk anak-anak. Bahkan yang terbaru yakni anak-anak diberikan kesempatan menyampaikan aspirasi di Musrenbang.

“Anak-anak boleh menyuarakan apa keinginan mereka. Ke depan kita akan kembangkan sampai di tingkat desa,” katanya.

Lebih jauh Kartini menyampaikan, penghargaan KLA yang diberikan Kementerian Sosial bertingkat, mulai pratama, madya, nindya, lalu utama dan KLA. “KLA tiu apabila semua anak sudah benar-benar nyaman. Tidak ada lagi kekerasan dan lainnya,” katanya.

Kategori madya diraih Bintan dari 126 kota kabupaten se Indonesia. (cr21)

Update