Iklan

batampos.co.id – Puluhan sanggar seni dan kesenian budaya daerah akan meramaikan kegiatan pekan expo Natuna mulai digelar pada 29 Juli hingga 1 Agustus 2017 mendatang.

Kegiatan yang digelar Dinas Pariwisata Natuna tersebut dilaksanakan di lapangan bola kaki SMP Negeri 1 Ranai serta beberapa lokasi wisata seperti pulau Senoa. Tidak hanya itu, sejumlah artis ibu kota juga direncanakan akan menghibur masyarakat Natuna.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Natuna Erson Gempa Afriandi mengatakan, untuk memaksimalkan pelaksanaan pekan expo, pihaknya bersama sejumlah instansi telah melakukan berbagai persiapan diantaranya penetapan lokasi acara dan koordinasi dengan sejumlah sanggar seni terkait kesiapan untuk tampil pada pekan expo.

Selain mementaskan atraksi seni budaya, pemerintah juga akan menyelenggarakan berbagai lomba di laut seperti lomba renang, lomba pacu kolek dan lomba lainnya yang tidak kalah seru.

Erson menyebutkan, sanggar yang akan menampilkan atraksi seni budaya seperti sanggar Langkadura, Talago Minang, Kuda lumping, sanggar Melayu anak negeri, barongsai, Reok dan dari sanggar lainya termasuk sanggar rampak buluh yang menampilkan kesenian angklung.

“Mereka siap memberikan yang terbaik di depan menteri dan semua yang hadir. Khusus untuk kuda lumping, mengingat durasinya mencapai tiga jam, maka Erson meminta agar pementasannya hanya sebatas tarian dan tidak sampai ke tahap kesurupan,” ungkapnya.

Terkait menteri yang akan hadir dalam pekan expo, Erson mengaku belum menerima konfirmasi lanjutan untuk nama – nama menteri tersebut.

“Termasuk pejabat Provinsi juga masih belum ada konfirmasi. Namun pastinya pekan expo nanti akan ramai di kunjungi warga dan masyarakat luar,” ujarnya.(arn)