Rabu, 17 April 2024

Gerindra Kirim Ulang Dua Nama Cawagub

Berita Terkait

batampos.co.id – Partai Gerindra merencanakan akan mengirim ulang dua nama calon wakil gubernur (Cawagub). Politisi dari Partai Gerindra, Onward Siahaan menyatakan keputusan ini lebih kepada mengikuti tata-tertib (tatib) yang akan disahkan, Rabu (26/7) pagi ini.

“Jadi setelah itu selesai, baru kemudian kami melihat, apa syarat-syarat yang diinginkannya, tunggu dulu tatibnya selesai,” ujar Onward.

Gerindra, sebagai satu dari sekian partai politik pengusung, kata Onward, berhak mengajukan dua nama cawagub ke Gubernur Kepri. Sejauh ini, Gubernur Nurdin memang sudah mengajukan dua nama, namun saat pengajuan tatib pemilihan belum disahkan. Sehingga belum diselaraskan dengan kualifikasi yang diatur dalam tatib.

“Memang sejauh ini gubernur sudah menyerahkan dua nama, tapi nanti tim kita akan mengecek, apakah dua nama ini sudah sesuai dengan syarat yang tercantum di tatib itu. Kita takutnya, dua nama calon yang diserahkan gubernur itu, sudah sesuai atau belum dengan tatib yang dibuat pansus,” ujar Onward.

Makanya, menurut dia, untuk Partai Gerindra mengirim dua nama yang akan dicalonkan Wagub nanti, mau tidak mau, suka tidak suka, harus sesuai dengan tatib itu.
“Kita tunggu dulu tatib disahkan, kalau sudah di sahkan, partai pengusung akan melakukan langkah-langkah sesuai dengan tatib,” ujarnya.

Disinggung soal, tentang ada partai pengusung yang tidak setuju dengan dua nama yang diajukan Gubernur Kepri belum lama ini, Onward menyampaikan, sikap politik partainya saat ini selama ke depan calon tersebut mengikuti prosedur tatib tersebut, maka sesuai tatib tersebut sikap Partai Gerindra.

“Jadi kita melihat sesuai aturanlah, kami sadarlah, kami bukan satu-satunya partai yang mengusung,” pungkasnya. (aya)

Update