Jumat, 29 Maret 2024

Air SWRO Bisa Langsung Diminum

Berita Terkait

Sukatno, memperlihatkan air laut olahan di Gedung Operasional SWRO Tanjungpinang, Selasa (25/7). F.Yusnadi/Batam Pos

batampos.co.id – Meskipun harus melakukan sedikit perbaikan, akan tetapi uji alir proyek percontohan nasional, Sea Water Riverse Osmosis (SWRO) Tanjungpinang berjalan dengan baik. Bahkan pihak operator SWRO sudah mulai memberikan pemahaman teknis ke Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) SWRO yang dibentuk Pemko Tanjungpinang.

“Uji yang sudah kita lakukan sepanjang bulan Juli ini berjalan dengan baik. Secara teknis untuk infrastruktur SWRO sudah bagus,” ujar Operator SWRO, Satrio, Selasa (25/7) disela-sela mengecek kondisi mesin SWRO.

Menurutnya, pihaknya juga memantau kondisi di lapangan. Disebutkannya, pihaknya mendapatkan banyak pertanyaan dari masyarakat disekitar kawasan Kota Lama, Tanjungpinang. Yakni mengenai waktu operasional normal SWRO. Masih kata Satrio, karena masyarakat sudah sangat tidak sabar untuk menunggu.

“Pada uji alir saja, mereka sudah sangat bangga. Tak tak percaya air hasil produksi SWRO bisa langsung minum. Setelah mencoba rasanya seperti air hujan,” jelas Satrio.

Ditegaskan Satrio, kualitas air SWRO Tanjungpinang tidak jauh berbeda dengan SWRO milik Singapura. Karena ukuran PH-nya 8. Artinya sangat layak untuk di konsumsi. Adapun kapasitas SWRO ini bisa memproduksi 180 meter kubik perjam. Sedangkan untuk prosea suply airnya menggunakan sistem dua mesin. Yakni dengan kapasitas 3 bar dan 8 bar.

“Untuk mesih tiga bar ketinggiannya presurenya adalah 10 meter. Sedangkan 8 bar mencapai 70 meter seperi kawasan Bukit Cermin Tanjungpinang,” tutupnya.

Terpisah, Halim, warga Jalan Pos, Tanjungpinang mengharapkan operasional SWRO cepat terlaksana. Sehingga mereka tidak lagi bergantung pada air tangki yang tidak jamin kebersihannya. Dikatakannya, pihaknya sudah merasakan manfaat adanya SWRO.

“Meskipun baru uji alir, tetapi kita sangat senang. Apalagi airnya sangat bersih, ujar Halim, kemarin.

Sementara itu, Anggota DPRD Kepri, Dapil Tanjungpinang, Rudy Chua mengatakan operasional SWRO memang harus cepat terlaksana. Karena sudah mendekati musim kemarau. Menurutnya ada beberapa persoalan tentunya menghadapi serahterima pengelolaan SWRO. Yakni terkait kerusakan pada sistem instalasi pipa.

“Kita tahu pipa primer dibangun oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Sementara pipa skunder dan tersier dibangun oleh Pemprov dan Kota,” ujar Rudy.

Dijelaskan Rudy, dalam uji alir belakangan ini didapati beberapa titik yang rusak. Sementara pembangunanya sudah selesai dua tahun belakangan. Karena ia khawatir, masa pemeliharaan ada batas waktunya. Sehingga ia tidak yakin pihak kontraktor akan bertanggungjawab untuk memperbaiki kerusakan yang terjadi.

“Meskipun dikelola kota, Pemprov juga tidak boleh membiarkan. Karena UPTD yang dibentuk belum punya kekuatan lagi,” jelas Rudy.

Seperti diketahui, SWRO selesai dibangun sejak Februari 2014 lalu. Dari beberapa kali Pembangunan, sudah menelan anggaran sekitar Rp 97 miliar APBN dan APBD Kepri. Akan tetapi SWRO dengan kapasitas 50 liter perdetik tersebut belum bisa memenuhi bagi kebutuhan air 4.000 rumah tangga di Kawasan Kota Lama Tanjungpinang hingga ke saat ini.(jpg)

Update