Selasa, 19 Maret 2024

Dinas PU Minta Petunjuk TP4D

Berita Terkait

Jembatan Dompak Tanjungpinang. F.Yusnadi/Batam Pos

batampos.co.id – Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU), Penataan Ruang dan Pertahanan Pemprov Kepri, Abu Bakar mengatakan meskipun penyelesaian pembangunan Jembatan I Dompak, Tanjungpinang merupakan sesuatu yang sangat mendesak. Pihaknya tidak ingin salah bertindak, sehingga meminta dukungan dari Tim Pengawal dan Pengaman Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D) Kejaksaan Tinggi (Kejati) Kepri.

“Ada dua kegiatan stategis di Dinas PU Kepri sudah rampung proses lelangnya. Hanya saja belum dilakukan penandatangan kontrak,” ujar Abu Bakar, Rabu (26/7) di Tanjungpinang.

Mantan Pejabat Pemkab Karimun tersebut menyebutkan, kedua proyek penting itu adalah penyelesaian pembangunan Jembatan I Dompak Tanjungpinang dengan nilai pagu senilai Rp 10,3 miliar yang dimenangkan oleh PT. Maju Bersama Jaya. Kemudian pembangunan lainnya adalah peningkatan fasilitas jalan senilai Rp 14,3 miliar yang direbut oleh PT. Putra Bentan Karya.

“Dua kegiatan fisik tersebut berada di Jembatan I Dompak, Tanjungpinang. Kita masih melakukan telaah administrasi belum dilaksanakannya tandatangan kontrak kerja,” jelasnya.

Dikatakannya juga, terkait adanya isu miring yang menuding pemenang lelang untuk kegiatan finishing Jembatan I Dompak, pihaknya tengah melakukan kroscek ke Lembaga

Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa (LKPP) di Jakarta. Menurutnya, sejauh ini laporan yang diterima perusahaan tersebut tidak di black list. Melainkan hanya dikenakan hukuman denda.

“Saya juga masih menunggu laporan lengkap, karena staf saya masih berada di Jakarta. Karena proses administrasi inilah, makanya belum dilakukan penandatangan kontrak kerja,” jelasnya lagi.

Ditambahkannya, dengan waktu kerja yang tersisa di tahun anggaran 2017 ini, pihaknya optimis pelaksanaan dua kegiatan tersebut tepat pada waktunya. Disebutkannya, selain proyek tersebut masih ada kegiatan lainnya untuk mendukung keindahan Jembatan I Dompak, Tanjungpinang.

“Yakni pembangunan gerbang menunju Jembatan I Dompak. Khusus gerbang ini akan didesain elegan, karena untuk kepentingan pariwisata,” tutup Abu Bakar. (jpg)

Update