Akhyarudin. F. Slamet.

batampos.co.id – Kontrak KM Sabuk Nusantara 62 yang melayani Tol Laut antara Tanjungpinang-Tambelan selesai dua bulan mendatang. Akibat selesainya kontrak, masyarakat Tambelan yang ingin ke Tanjungpinang harus menunggu 12 hari.

Camat Tambelan Akhyarudin saat menghadiri pembekalan dan pelepasan Jemaah Calon Haji di Aula Kantor Bupati di Bintan Buyu, Rabu (26/7) kemarin membenarkan KM Sabuk Nusantara 62 akan selesai kontraknya dua bulan mendatang. Kapal tersebut akan dialihkan untuk melayani tol laut di Kalimantan.

Menurutnya, keberadaan KM Sabuk Nusantara 62 sangat membantu karena ketika masyarakat dari Tanjungpinang ke Tambelan dan akan kembali lagi
ke Tanjungpinang hanya menunggu 5 hari.

“Kalau kapal ini tidak melayani Tanjungpinang-Tambelan, kita yang dari Tambelan mau ke Tanjungpinang¬†harus menunggu 12 hari,” katanya.

Diakuinya, sebenarnya ada 4 kapal perintis yang melayani Tanjungpinang-Tambelan yakni kapal Sabuk Nusantara 30, 59 dan 39 selain Sabuk Nusantara 62. Hanya rute yang dilalui kapal lainnya harus singgah ke beberapa pulau yang ada di sana. Sedangkan, kapal Sabuk Nusantara 62 selama ini melayani rute Tanjungpinang ke Tambelan, lalu ke Kalimantan dan 2 hari kemudian kembali ke Tambelaan baru ke Tanjungpinang.
Masyarakat Tambelan, katanya sangat berharap kapal Sabuk Nusantara 62 tetap melayani rute Tanjungpinang-Tambelan. Karena kapal ini sangat nyaman apabila dibandingkan kapal trigas atau kapal ikan yang umumnya sangat mendahulukan pedagang. (cr21)

Respon Anda?

komentar