Selasa, 23 April 2024

Para Pelaku UMKM Lirik RKB

Berita Terkait

Salah seorang pembeli saat berkunjung ke RKB, tepatnya di stan pelaku UMKM yang memajang aneka makanan seperti kerupuk ikan di Coastal Area. F. Tri Haryono /Batam Pos.

batampos.co.id – Rumah Kreatif BUMN (RKB) yang dibangun oleh BNI Cabang Tanjungbalai Karimun, salah satu BUMN, yang terletak di Coastal Area hall A sudah mulai terlihat hasilnya. Para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Karimun, sudah mulai melirik RKB tersebut sebagai tempat promosi berbagai produknya. Selain secara tradisional, yaitu menitipkan hasil produknya ke beberapa toko maupun mini market dan warung tradisional maupun jual secara langsung.

”Alhamdulillah, ada beberapa pelaku UMKM yang sudah memasukkan barang dagangannya melalui RKB. Dan rata-rata produk makanan olahan, serta hasil kerajinan,” jelas Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi, UKM dan ESDM Karimun M Yosli, kemarin (26/7).

Lanjutnya, beberapa pelaku UMKM mengatakan keberadaan RKB tersebut cukup membantu dalam pemasaran produknya. Secara otomatis bisa menambah omzet penjualan, serta bisa meningkatkan produksi barang dagangan. Namun demikian, pihaknya tetap terus mengajak para pelaku UMKM agar memanfaatkan RKB sebagai tempat untuk promosi.

”Intinya sih, kita ingin mengajak para UMKM untuk memanfaatkan teknologi canggih yang sudah disediakan oleh BUMN,” tuturnya.

Sementara produk yang sudah ditawarkan secara digital yaitu kerupuk ikan, dodol rumput laut, deram-deram dan produk jeli dari bahan baku rumput laut. Sedangkan, hasil kerajinan tangan juga ada seperti bunga stoking, lukisan kayu, kerajinan koran bekas, cermin bingkai batok kelapa dan sebagainya.

”Di sini kita juga tetap, akan melakukan pelatihan-pelatihan terhadap UMKM melalui BUMN. Agar, UMKM nantinya benar-benar bisa mengembangkan usahanya melalui ekonomi digital,” kata Yosli lagi.

Terpisah salah seorang pelaku UMKM Bona mengungkapkan, dirinya merasa terbantu dengan adanya RKB dalam mempromosikan produknya. Sejak dipromosikan, permintaan produknya terus bertambah setiap bulannya dari berbagai daerah.

”Biasanya tetap setiap bulannya, kita produksi kerupuk ikan. Lumayanlah, produk kita sudah banyak di kenal di luar daerah Karimun,” singkatnya.

Sedangkan pantauan di RKB selain produk UMKM dipasarkan melalui internet, ada juga produk-produk UMKM yang dipajang langsung. ” Lumayan bang, sambil lewat saya disini beli makanan ringan di sini,” ucap salah seorang pengunjung. (tri)

Update