Selasa, 19 Maret 2024

Antisipasi Salah Sasaran Beasiswa, Harus Bentuk Tim Seleksi

Berita Terkait

 

batampos.co.id – Komisi IV DPRD Kepri meminta kepada Gubernur Kepri, Nurdin Basirun agar lebih waspada dan teliti dalam menyalurkan beasiswa yang telah dialokasikan setiap tahunnya.

“Itulah penegasan dari Komisi IV, agar tidak terjadi kesalahan dalam penyalurannya,” kata Ketua Komsisi IV DPRD Kepri, Teddy Jun Askara, kemarin.

Tim seleksi ini, kata Teddy, jadi wewenang gubernur. Artinya gubernur dan Dinas Pendidikan harus merumuskan satu tim khusus yang bertugas untuk melakukan seleksi atas setiap proposal beasiswa yang masuk.

“Kalau salah sasaran, itu tandanya kerjanya tidak benar,” kata politisi muda Partai Golkar ini.

Teddy menegaskan, beasiswa yang dibahas dan dialokasikan setiap tahunnya itu mesti difokuskan pada calon penerima yang berasal dari keluarga tidak mampu. Tidak hanya itu saja, para pelajar dari daerah pesisir juga mesti jadi prioritas.

Yang tidak kalah penting dalam penyaluran beasiswa, Teddy meminta kepada Dinas Pendidikan atau pihak yang menyalurkan agar mengedepankan transparansi bagi pengumuman kriteria maupun nama-nama pelajar yang nantinya menerima beasiswa.

“Jangan sampai Rp 5 miliar yang sudah dialokasikan itu malah kemana-mana dan tidak tepat guna, kami dari Komisi IV akan serius mengawasi penyaluran beasiswa ini,” tegas Teddy. (aya)

Update