Kamis, 25 April 2024

Dana Desa Tahap Dua Segera Cair

Berita Terkait

batampos.co.id – Dana desa (DD) tahap pertama sebesar Rp 21 miliar yang bersumber dari APBN untuk 42 desa di Kabupaten Karimun sudah selesai disalurkan sejak Mei lalu. Sehingga untuk tahap selanjutnya awal bulan depan DD sudah bisa diusulkan untuk tahap kedua.

”Jangka waktunya cukup cepat, karena pencairan tahap pertama yang mengalami keterlambatan. Sehingga, baru bisa dicairkan dua bulan lalu. tahap pertama DD yang cair itu 60 persen dari Rp 35 miliar. Sehingga, untuk tahap kedua akan dicairkan 40 persen lagi atau seluruhnya atau Rp 14 miliar lagi,” ujar Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Karimun, Suwedi, Kamis (27/7).

Hanya saja, kata Suwedi, pengajuan dari masing-masing untuk pencairan tahap kedua tidak dapat dilakukan begitu saja. Atau hanya dengan berbekal rencana anggaran biaya (RAB) desa yang telah disahkan. Tapi, harus diikutsertakan bukti-bukti realisasi penggunaan DD tahap pertama sebesar 75 persen. Kalau tanpa ada bukti administrasi dan bukti realisasi anggaran, maka tidak akan bisa dicairkan DD tersebut ke rekening desa.

”Untuk itu, kepada setiap kepala desa untuk segera menyusun administrasi dan bukti-bukti realisasi penggunaan anggaran tahap pertama. Sehingga, pencairan tahap kedua bisa tepat waktu. Dan, realisasi seluruhnya pada akhir tahun juga tepat waktu. Karena, semua realisasi itu dilaporkan sampai ke Kementerian Desa. Gunakan tenaga pendamping untuk membantu menyiapkan laporan realisasi keuangan,” unglapnya. (san)

Update