Selasa, 23 April 2024

Polsek Moro akan Gelar Razia Motor Tanpa Surat

Berita Terkait

 Pemeriksaan surat kendaraan saat operasi Cipta Kondusif di Moro belum lama ini. F. Humas Polsek Moro.

batampos.co.id – Jajaran Polsek Moro mengamankan sebanyak 10 kendaraan bermotor tanpa dilengkapi surat. Penahanan dilakukan selama dilaksanakan Operasi Cipta Kondusif belum lama ini.

Selain itu, jajaran Polsek Moro pun mulai melakukan pendataan jumlah kendaraan bermotor. Bagi pemilik yang tidak memiliki kelengkapan surat-surat kendaraan, diimbau agar melapor ke Mapolsek.

“Saat ini, kita sudah melakukan sosialisasi sekaligus imbauan kepada masyarakat Moro agar membawa motornya yang tidak dilengkapi surat-surat (bodong) untuk didata dan ditertibkan. Imbauan ini berakhir 25 Agustus mendatang,” tutur Kapolsek Moro, AKP Donris E Pasaribu, Kamis (27/7) via ponsel.

Apabila hingga tanggal 25 Agustus masih ada pemilik kendaraan yang tidak melapor, pihak kepolisian langsung menindak saat digelar razia. Penertiban perlu dilakukan mengingat, tingginya angka kendaraan bermotor di Kecamatan Moro yang tidak dilengkapi surat-surat alias bodong.

“Meskipun berupa wilayah pulau, tetapi kelengkapan surat-surat kendaraan patut dikantongi. Kebanyakan motor tanpa surat dibeli warga dari Kota Batam,” tegas Kapolsek.

Sosialisasi penertiban, dan pendataan kendaraan tanpa surat ini, diakui Kapolsek didukung oleh jajaran Uspika. Saat digelar pertemuan yang diikuti Danramil, tokoh masyarakat, kepala desa, dan lurah, semuanya sepakat dilakukan penertiban kendaraan bodong tersebut.

“Hasil pertemuan bersama Uspika, kami tuangkan dalam surat imbauan bagi pemilik kendaraan yang tidak memiliki kelengkapan surat-surat. Dan tengat waktu yang diberikan pun sesuai kesepakatan,” imbuhnya.

Dengan penertiban kendaraan tanpa dilengkapi surat ini, tentu akan sangat meminimalisir terjadinya kerugian negara melalui pajak kendaraan. Selain itu, pemilik kendaraan tanpa was-was saat berkendaraan. “Yang pasti, stabilitas kamtibmas di wilayah tetap terjaga,” tutupnya. (enl)

Update