Petugas dari Dinas Kebersihan, TNI dan Polri sedang melakukan pembersihan sampah di tepi pantai pesiswir Jalan Puakang. F.Sandi/Batam Pos
Petugas dari Dinas Kebersihan, TNI dan Polri sedang melakukan pembersihan sampah di tepi pantai pesisir Jalan Puakang. F.Sandi/Batam Pos

batampos.co.id – Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Kebersihan (DPKPK) Kabupaten Karimun bersama dengan pegawai dari Kecamatan Karimun, jajaran TNI AD dan Polri kemarin (28/7) melakukan pembersihan di tepian pantai yang ada di jalan pesisir Puakang.

”Jalan pesisir di Puakang ini tidak panjang, tapi ketika kita melalui jalan ini menjadi risih. Khususnya, saat air laut surut, terlihat banyak sampah dan mengeluarkan bau yang tidak sedap. Apalagi, lokasi Puakang masih termasuk kawasan kota,” ujar Sekretaris DPKPK Kabupaten Karimun, Ramli kepada Batam Pos.

Tumpukan sampah, tidak hanya di jalan pesisir Puakang. Tapi, juga di beberapa lokasi lain. Untuk itu, dia meminta kepada warga yang bertempat tinggal di pesisir atau tepi pantai agar tidak membuang sampah ke laut. Karena, sampahnya tetap akan kembali ke pinggir pantai. Sekali pun bukan di pantai tempat tinggal orang yang memb uang sampah.

”Seharusnya, masyarakat yang tinggal di pinggir pantai bisa menjadi agen untuk masyarakat yang lainnya menjaga kebersihan laut. Sebab, jika membuang sampah ke laut, sama sama sudah melakukan pencemaran terhadap kehidupan laut. Selain itu, kita dari pemerintah sudah menyiapkan tong sampah di pemukiman masyarakat yang ada di pesisir pantai. Termasuk juga bak sampah di lokasi tertentu,” paparnya. (san)

Respon Anda?

komentar