Selasa, 16 April 2024

Jangan Mainkan Harga Pangan !!!

Berita Terkait

Warga sedang memilih bahan pokok di Pasar Fanindo, Tanjunguncang, Batuaji, Rabu (26/7).  Foto. Dalil Harahap/Batam Pos

batampos.co.id – Pemerintah mengingatkan Satuan Tugas (satgas) pangan yang dibentuk Ramadan dan Lebaran lalu masih bekerja. Untuk itu, diiimbau tidak ada pihak yang sengaja memainkan harga bahan pokok.

“Kalau ada (yang main harga) tidak ada ampun itu, pasti tim akan menindak,” kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kepri Burhanuddin, Kamis (27/7).

Menurutnya, belum lama ini tim yang dikoordinir oleh kepolisian ini melakukan rapat evaluasi terkait bahan pokok, dalam evaluasi tersebut semua pihak dalam tim sepakat untuk terus melakukan pengawasan.

“Ini perlu dilakukan, waktu lebaran kita bisa lihat harga bahan pokok terkendali,” imbuhnya.

Ia menyampaikan, soal harga yang mencekik konsumen adalah salah satu yang jadi pokok pengawasan. Namun jika perbedaan harga tak begitu tinggi atau dalam batas wajar tidak masalah.

“Harga naik karena situasi mungkin bisa dipahami, misalnya beda harga Rp 1 ribu atau  Rp 2 ribu, tapi kalau sudah keterlaluan kami akan turun menindak,” ujarnya.

Burhanuddin mengungkapkan, selain satgas pangan yang kini sudah terbentuk, dalam waktu dekat pemerintah pusat akan memebentuk satgas impor dan barang lainnya. Satgas ini lebih difokuskan pada permasalahan bahan pangan di sektor hulu.

“Kran masuknya harus dilihat apa masalahnya. Satgas pangankan permasalahan di bawah atau hilir, nah disektor hulu ya salh satunya impor,” katanya.

Ditanya kapan satgas ini dibentuk, ia tidak bisa memastikan karena hal tersebut adalah kewengan pemerintah pusat.

“Yang pasti rencanaya ada, kapan dibentuk kami belum dapat infonya,” pungkasnya. (cr13)

Update