Rabu, 24 April 2024

Kanwil Kemenkumham Butuh 582 Pegawai Baru

Berita Terkait

batampos.co.id – Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Wilayah Provinsi Kepri memberikan kesempatan bagi lulusan sarjan dan taman SMA sederajat untuk berkarir diberbagai instasi yang ada dibawah kendali Kanwil Kumham Kepri. Untuk lulusan SMA sederajat menerima sebanyak 362 orang dan lulusan S1 sebanyak 220 orang.

“Secara seluruhan jumlahnya adalah 582 orang. Terbagi dalam dua kategori, yakni SMA dan Sarjana,” ujar Kepala Humas, Kanwil Kumham Kepri, Rinto Gunawan di Kantor Kanwil Kemenkumham Kepri, Tanjungpinang, Jumat (28/7).

Dijelaskannya, untuk proses administrasi pendaftaran bagi lulusan Sarjana Strata I (SI) akan dihandle langsung oleh Kemenkumham Pusat. Sedangkan bagi taman SMA sederajat akan ditangani oleh Kanwil Kemenkumham Kepri. Menurut Rinto, kabar penerimaan pegawai ini sudah sampaikan ke publik.

“Pendaftaran resminya akan dimulai sejak 1 Agutus nanti, sampai 26 Agutus mendatang. Kemudian verifikasi dokumen pada 11-16 September. Setelah itu dilanjutkan tahapan seleksi menggunaan sistem Computer Assisted Test (CAT) di Poltek Negeri Batam,” papar Rinto.

Secara rinci, Rinto menjelaskan, bagi tamatan SMA sederajat nantinya akan diplot sebagai penjaga tahanan di Rumah Tanahan Negara (Rutan) Batam sebanyak 56 orang, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Batam sebanyak 73 orang. Kemudian Lapas perempuan Batam 58 orang dan Lapas khusus anak sebanyak 48 orang.

Menurut Rinto, selain di Batam nantinya akan ditempatkan di Rutan Cabang Dabo Singkep, Kabupaten Lingga sebanyak 7 orang. Selanjutnya Rutan Tanjungbalai Karimun 8 orang, Lapas Tanjungpinang 43 orang dan Rutan Tanjungpinang sebanyak 19 orang.

“Batasan usia untuk lulusan SMA sederajat minimal dari 18 tahun hingga 28 tahun per 1 Agustus nanti. Adapun nilai rata-rata ijazah adalah 7,0,” jelas Rinto.

Sementara itu, untuk lulusan Sarjana SI diberikan ruang bagi bidang psikologi, sosiologi dan hukum. Adapun wilayah kerjanya nanti adalah sebagai pembimbing kemasyarakatan pertama yang akan ditempatkan di Bappas Kelas II Tanjungpinang sebanyak 9 orang.

Selain itu, kata Rinto, peluang juga terbuka bagi jurusan sospol, ekonomi, akuntansi, komunikasi, teknik informasi, ilmu komputer, sistem informasi, tehnik komputer dan sastra bahasa ada sebanyak 211 orang. Adapun batas usianya adalah 33 tahun terhitung 1 Agutus 2017.

“Bagi yang lulus akan bertugas di Kanim yang ada di Kepri. Hanya saja, peserta harus sedikit berkorban karena tahapan tesnya ditangani langsung oleh Kantor Pusat,” tutup Rinto.(jpg)

Update