Kamis, 25 April 2024

Perpustakaan Ramai Peminat

Berita Terkait

Gelar Apel Antisipasi Kejadian Bencana

Ganjar Tegaskan Akan jadi Oposisi

batampos.co.id – Perpustakaan daerah yang ada di Tarempa sudah semakin banyak peminatnya. Mulai dari kalangan anak-anak hingga dewasa. Perpustakaan tersebut selalu terlihat ramai pengunjung. Semenjak pertengahan bulan Juni lalu diresmikan saat ini sudah sekitar 300 lebih anggota perpustakaan tersebut.

Yang meminjam buku diperpustakaan tersebut terus bertambah banyak. Beberapa waktu lalu anggotanya masih sekitar puluhan tapi sampai saat ini sudah mencapai 300 lebih. Dari 300 anggota tersebut sekitar 200 anggota lebih yang sudah meminjam buku.

Untuk menjadi anggota perpustakaan tersebut tidak sulit yakni cukup menyerahkan foto kopi KTP dan mengisi formulir pendartaran.

“Syarat untuk bisa meminjam buku yakni harus menjadi anggota dulu. Kalau belum anggota tetap bisa baca buku tapi belum bisa meminjam, hanya bisa baca buku ditempat,” ungkap Yanti, salah seorang penjaga perpustakaan daerah tersebut.

Diakuinya buku yang ada belum lengkap dan masih terbatas. Saat ini ada sekitar 1000 lebih buku yang ada di perpustakaan tersebut. 1000 diantaranya merupakan bantuan dari perusahaan Migas Medco Energi dan SKK Migas sementara itu sisanya dari pengadaan daerah.

Dari beberapa buku yang ada tersebut dipisahkan menurut judul buku. Ada buku pengembangan diri, buku, matematika, hukum dan sebagainya yang dipisahkan pada rak buku yang berbeda. “Bukunya sekitar 1000 lebih, yang 1000 merupakan bantuan dari perusahaan sementara yang lain ada yang dari Dinas pendidikan dan dari pengadaan,” ungkapnya.

Sebelumnya, Kepala Bagian Organisasi Perpustakaan dan Kearsipan Sekretariat Daerah Kabupaten Kepulauan Anambas Alfian, mengatakan jika saat ini baru ada 1600 buku yang terdiri atas 5000 judul.

Diakuinya angka tersebut jauh dari pada jumlah buku yang sebenarnya yang sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan. Sesuai dengan Undang-Undang no 43 tahun 2007, tentang perpustakaan bahwa setiap perpustakaan mesti memiliki minimal 6000 judul buku. (sya)

Update