Kamis, 28 Maret 2024

Sebanyak 5.250 Warga Masih Menerima Sibsidi Listrik

Berita Terkait

Petugas PLN di Lingga mengecek meteran di salah satu rumah warga. F. Wijaya/Batam Pos.

batampos.co.id – Sebayak 5.250 warga se-Kabupaten Lingga masih mendapat subsidi dari PLN Rayon Dabo Singkep. Jumlah tersebut adalah pelanggan PLN yang masih menggunakan daya 450 VA atau yang sering disebut pengguna dua amper, yang masih menerima subsidi dari Pemerintah.

“Tidak ada kenaikan harga. Yang ada hanya penghapusan subsidi bagi pengguna empat amper ke atas,” kata Superpisor Tehnik PLN Rayon Dabok Singkep Mazli ketika ditemui di halaman Kantor PLN di Dabo Singkep, Jumat (28/7) pagi.

Lebih lanjut Mazli menjelaskan, pelanggan yang menggunakan daya 450 VA sebagai warga yang memang layak mendapatkan subsidi. Tapi hingga saat ini, banyak pelanggan yang awalnya menggunakan daya dua amper mengajukan peningkatan daya menjadi empat amper karena kebutuhan pasokan listrik yang meningkat.

Jika dihitung dari jumlah keseluruhan pelanggan PLN di Kabupaten Lingga yang berjumlah 20.300 pelanggan. Maka jumlah keseluruhan pengguna jaringan PLN yang masih mendapat subsidi berkisar 25 persen. Namun ke depan PLN terus akan berupaya untuk mengurangi pengguna dua amper sehingga tidak lagi memberikan subsidi.

Seperti tahun lalu, peningkatan daya dari dua amper naik ke empat amper, PLN tidak membebankan biaya sama sekali kepada masyarakat yang memang ingin meningkatkan daya. Tapi pada tahun ini bagi warga yang mengajukan naik daya dari dua amper naik ke empat amper karena kebutuhan listrik meningkat maka dikenakan biaya.

“Namun bagi warga yang mengajukan pemasangan listrik baru, PLN tetap menyediakan layanan daya dua amper namun bagi warga yang memang membutuhkan,” ujar Mazli.

Harapan PLN memberikan subsidi atau pemberian daya dua amper memang tepat kepada warga yang memang membutuhkan. Sehingga subsidi akan terhenti jika warga bersangkutan tidak lagi membutuhkan subsidi. (wsa)

Update