Jumat, 19 April 2024

Utamakan Calon Pekerja Batam, Pliss….

Berita Terkait

ilustrasi F.Rezza Herdiyanto Batam Pos

batampos.co.id – Terbukanya kran kebutuhan tenaga kerja di Batam disambut baik berbagai pihak, tak terkecuali asosiasi buruh. Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia Batam meminta keadaan yang baik ini diikuti dengan mengutamakan tenaga kerja yang ada di Batam.

“Kami harap pemerintah sebagai penyedia regulasi berperan, beri penekanan ke perusahaan mengutamakan tenaga kerja yang ada di Batam seminimal mungkin rekrut di luar Batam,” harap, Sekretaris FSPMI Batam Suprapto, Kamis (27/7) siang.

Ia menyampaikan harapan tersebut bukan berarti  pihaknya membatasi perusahaan mendapatkan tenaga kerja yang handal. Namun semata-mata karena melihat masih banyak pencari kerja di Batam.

“Bukan berarti kami anti pekerja dari luar, kalau pertimbangannya adalah pekerja ahli tak mengapa, tapi kalau seperti level operator kan masih ada (calon pekerja) yang ada di Batam,” katanya.

Menurutnya, harapan tersebut bukan tanpa alasan, dalam pantauan pihaknya masih ada saja perusahaan yang lebih mengutamakan pekerja dari luar Batam.

“Kami masih melihat ini, tapi tidak etis jika kami sebutkan nama perusahaanya,” ujarnya.

Selain itu, pihaknya berharap pemerintah juga merealisasikan Balai Latihan Kerja (BLK). Wadah ini diperlukan untuk meningkatkan keahlian para calon pekerja.

“BLK ini penting bagi Batam, ada banyak calon pekerja perlu memalui masa training,” katanya.

Ia mengatakan, tidak tersedianya BLK memaksa pemerintah bekerjasama dengan Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) yang notabenenya dikelola swasta. Hal lain yang tak terkelola dengan baik yakni dana Izin Mempekerjakan Tenaga Kerja Asing (IMTA) yang seharusnya dipakai untuk melatih pekerja lokal.

“Hal-hal yang seperti ini harus diperhatikan pemerintah,” pungkasnya. (cr13)

Update